DPR Segera Gol-kan Gus Dur Jadi Pahlawan

VIVAnews - Wacana agar Presiden RI keempat, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dijadikan pahlawan, saat ini menguat. Juga di Dewan Perwakilan Rakyat.

Menanggapi usulan itu, Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso, Golkar mendukung sepenuhnya usulan itu. "Juga untuk Pak Harto [Soeharto]," kata dia di Gedung Dewan, Senayan, Jakarta, Senin 4 Januari 2009.

Menurut Priyo, Gus Dur dan Soeharto adalah dua putra terbaik yang sangat besar jasanya. "Kedua beliau sudah sangat patut dan layak lepas dari kontroversi. Ada kesalahan, kekurangan, kontroversi, itu manusiawi sebagai manusia biasa," tambah dia. 

Meski demikian, penetapan gelar pahlawan masih menunggu prosedur. "Salah satu yang harus dilalui, verfikasi yang dilakukan oleh Dewan Gelar dan Jasa yang dibentuk oleh Sekretariat Negara," jelas dia.

Dewan itu beranggotakan tujuh orang, yang terdiri dari tokoh-tokoh nasional.

Pimpinan Dewan, tambah dia, akan menindaklanjuti usulan tersebut. Caranya, "mungkin akan menggelar rapat konsultasi dengan presiden untuk menentukan langkah terbaik," kata Priyo.

"Apakah nanti bisa mem-by pass, segera dibentuk dewan gelar dan jasa tadi," lanjut dia.

Usulan gelar pahlawan untuk Gus Dur juga diusulkan oleh PDI P. "Kami meminta kepada pimpinan DPR untuk segera menjadwalkan prioritas Rapat Pimpinan DPR, yang mengagendakan pengusulan kepada presiden menyangkut pemberian gelar pahlawan kepada Gus Dur," ujar Ketua Fraksi PDIP, Tjahjo Kumolo, dalam interupsinya di Rapat Paripurna DPR, Senin 4 Januari 2010.

Terkait hal itu, PDIP juga mengusulkan diselenggarakannya rapat konsultasi tertutup antara pimpinan DPR dan presiden, guna membahas pemberian gelar pahlawan tersebut. "Presiden pun hari ini telah mengeluarkan statement bahwa ia akan segera mengakomodir usulan ini," kata Tjahjo menekankan.

Sekjen PDIP, Pramono Anung, sejak Sabtu lalu memang telah menginstruksikan kepada Fraksi PDIP untuk memperjuangkan dan menggolkan gelar pahlawan bagi Gus Dur.

Pembunuhan di Wonogiri Ternyata Motifnya Sakit Hati, Korban Tidak Boleh Balikan dengan Mantan
EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia

Evos raksasa esports Indonesia, dan Pop Mie, brand mie instan ternama, merayakan 6 tahun kolaborasi strategis mereka dalam memajukan industri esports Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024