Angket Century

Februari, Aliran Dana Century Dikuliti Pansus

VIVAnews - Panitia Khusus Angket Kasus Bank Century menargetkan pembahasan aliran dana Century pada bulan Februari 2010 mendatang. Saat ini Pansus masih memfokuskan pemeriksaan pada proses merger Bank Century dan Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP).

"Minggu ini, kami masih fokus pada merger dan FPJP. Namun kami harap, pada Februari mendatang, pansus sudah masuk pada pembahasan dan pemeriksaan terkait aliran dana Bank Century," ujar Ketua Pansus, Idrus Marham, sebelum pemeriksaan pansus terhadap Aulia Pohan, Jakarta, Selasa 5 Januari 2010. Terkait kedua hal itu pula, hari ini pansus mendatangkan mantan Deputi Gubernur BI bidang pengawasan, Aulia Pohan, untuk dimintai keterangan.

Idrus mengatakan meskipun sebelumnya sudah ada penjelasan dari PPATK, namun pansus masih merasa perlu untuk meminta kepada Badan Pemeriksa Keuangan untuk melakukan audit investigasi lanjutan atas aliran dana Century tersebut, terutama yang berhubungan dengan aliran kepada deposan besar di Bank Century.

Selanjutnya, pansus berharap dapat mencapai kesimpulan sementara pada minggu kedua Februari. "Kami harap kesimpulan sementara bisa dicapai, untuk kemudian disampaikan ke masyarakat sebagai bentuk pertanggungjawaban pansus," ujar Idrus. Kesimpulan ini pun ditargetkan untuk dilaporkan kepada pimpinan DPR sebelum memasuki bulan Maret.

Selain memeriksa Aulia Pohan hari ini, pansus juga merencanakan pemeriksaan terhadap mantan pemilik Bank Century, Robert Tantular. Seminggu ke depan, pansus akan memanggil sejumlah saksi utama untuk memberi penjelasan secara rinci. Idrus menjamin, pansus tetap memegang teguh komitmen dan idealisme mereka untuk menuntaskan pembongkaran kasus Century.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024