Angket Century

Aulia: Saya Ancam Tutup Tiga Bank

VIVAnews - Mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Aulia Pohan mengaku pernah mengancam akan menutup tiga bank yang kemudian dimerger menjadi Bank Century. Ketiga bank itu adalah Bank Pikko, Bank Danpac, dan Bank CIC.

"Di bawah saya, pernah ada tiga bank yang saya tutup. Saya ancam ketiga bank itu akan saya tutup," kata Aulia saat bersaksi di rapat Panitia Khusus Angket Century DPR, Selasa 5 Januari 2010. Dia mengatakan Bank CIC merupakan bank dengan masalah terbanyak.

Namun, Pasal 37 UU Perbankan menyatakan bahwa tujuan perbankan adalah upaya penyelamatan. Lagipula, keputusan menutup salah satu bank akan berdampak pada dua bank lainnya. "Karena pemilik ketiga bank ini sama," sambung Aulia. Yakni, Robert Tantular.

"Ada dana CIC di bank Pikko dan Danpac. Kalau kita tutup CIC, dua bank lainnya juga ikut mati," kata dia. "Inilah repotnya kalau bank dimiliki orang yang sama," kata dia.

Pansus ini digelar untuk mengusut dana talangan (bail out) ke Bank Century senilai Rp 6,7 triliun. Dana ini dikucurkan Pemerintah saat Bank Century diambang kebangkrutan pasca modal dilarikan Robert Tantular dan petinggi Century lainnya.

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat berkunjung di SMPN 2 Tanggulangin. (Istimewa)

Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor tidak memenuhi panggilan KPK pada Jumat, 19 April 2024, sebagai saksi dalam kasus korupsi pemotongan insentif ASN

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024