Angket Century

Kenapa BI Biarkan Pemilik Century dari Bahama

VIVAnews- Mantan Deputi Gubernur BI Aulia Pohan mengakui Chinkara Capital mengendalikan 3 bank yaitu Bank CIC, Danpac dan Pikko melalui kantor di Kepulauan Bahama. Bank Indonesia mempercayai Chinkara karena dijamin oleh kantor hukum di Singapura.

"Data kami terima dari Bahama. Bahama terletak di Kepulauan Pacific," kata Mantan Deputi Gubernur BI Aulia Pohan dalam rapat Pansus Century Selasa 5 Januari 2010.

Chinkara membeli 3 bank tersebut melalui bursa, seperti Danpac sebesar
65 persen, CIC 16 persen. Meski membeli melalui pasar modal, Chinkara harus mengikuti ketentuan dari Bank Indonesia.

Penjelasan Aulia tersebut menjawab pertanyaan dari anggota fraksi Partai Golkar Melkias Markus Mekeng yang menanyakan mengapa BI percaya terhadap Chinkara. Padahal dalam dunia keuangan Bahama terkenal sebagai tempat seperti post office, atau hanya perusahaan kertas saja yang beralamat di Bahama.

Menurut Aulia, BI percaya karea Chinkara dijamin oleh kantor hukum di Singapura. Namun BI juga tak serta merta menerima begitu saja karena juga melakukan pemeriksaan.

Aulia menilai Chinkara merupakan perusahaan yang mempunyai modal jangka pendek yang bagus, namun tidak untuk jangka panjang. "Secara jangka pendek iya, dia berani menyetor US$ 30 juta di escrow acount, hebat itu," katanya.

Menaker Ida Fauziyah Raih 2 Penghargaan dari The Iconomics
Kepsek SMK Negeri 1 Siduaori, Kabupaten Nisel, SZ saat menjalani pemeriksaan di Polres Nisel.(dok Polres Nisel)

Siswa SMKN di Nias Selatan Tewas Diduga Aniaya, Kepala Sekolah Jadi Tersangka

Polisi menetapkan kepala sekolah SMKN 1 Nias Selatan sebagai tersangka atas kasus dugaan penganiayaan yang mengakibatkan siswanya tewas.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024