Investasi, PTPN X Butuh Rp 2 Triliun

VIVAnews - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X tengah mencari pendanaan dari perbankan sekitar Rp 1-2 triliun yang dialokasikan untuk membiayai kegiatan investasi perusahaan.

"Kami belum ada rencana obligasi," ujar Direktur Utama PTPN X Subiyono di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu malam, 6 Januari 2010.

Menurut Subiyono, kegiatan investasi yang dilakukan pada tahun ini terutama untuk melakukan revitalisas pabrik gula milik perseroan. Dari total kebutuhan tersebut, perseroan bakal menggunakan kas internal sekitar Rp 500 miliar.

Untuk kegiatan revitalisasi pabrik, PTPN mengaku telah meperoleh komitmen pendanaan dari tiga bank, yaitu PT Bank Mandiri bk dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

Saat ini perusahaan telah meningkatkan kapasitas produksi gula dari 37 ribu ton menjadi 42 ribu ton. Pengerjaannya sendiri sudah dilakukan sejak 2009.

"Revitalisasi kapasitas tidak ada artinya kalau on farm tidak ada bahan bakunya. Maka revitalisasi industri gula ke depan tidak hanya memperbaiki pabrik tapi juga revitalisasi on farm di tingkat kualitas," katanya.

Perseroan mengharapkan peningkatan kapasitas produksi tersebut mampu membuat perusahaan memperoleh peluang pangsa pasar gula yang terus naik di tenga asumsi harga dunia yang meningkat. "India yang dulunya ekspor gula sekarang impor gula, maka kita harus mencapai revitalisasi gula sekeras mungkin," kata dia.

hadi.suprapto@vivanews.com

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang
Zodiak Virgo

Mengungkap Misteri: 4 Zodiak Paling Rumit dalam Astrologi

Dalam dunia astrologi, setiap zodiak memiliki karakteristik uniknya sendiri. Namun, ada beberapa zodiak yang dikenal karena kompleksitasnya yang menarik perhatian.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024