Fundamental Saham BNI Menjanjikan

VIVAnews - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) merupakan bank yang sukses melakukan kuasi reorganisasi internal dan lebih fokus pada komposisi kredit yang memberikan marjin lebih tinggi seperti sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan korporasi.

Demikian dikemukakan pengamat dan praktisi pasar modal Deni Hamzah kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis, 7 Januari 2010.

Menurut Deni, dari sisi marjin laba bersih terhadap pendapatan bank, marjin BBNI setara dengan bank yang asetnya sekelas seperti PT Bank Central Asia Tbk dan PT Bank Mandiri yaitu di kisaran 5-6 persen.

Di tahun 2010, kata dia, kinerja BBNI diperkirakan semakin membaik disokong peningkatan kredit kepada sektor UMKM dan korporasi, serta kecilnya penyisihan atas kredit macet yang telah dibukukan di 2009. "Nilai PBV (price to book value) BBNI relatif murah, yaitu 1,2 kali. Sedangkan PBV sektor, rata-rata di kisaran 2,5 kali," ujar Deni.

Deni mengakui, saham bank pelat merah tersebut saat ini relatif terdiskon signifikan dibandingkan saham perbankan lainnya, karena kinerja yang relatif menurut (under performance). 

Namun, dia menambahkan, dengan perbaikan kinerja yang mulai tercermin di 2009 dan peningkatan kredit di 2010, harga saham BBNI wajarnya di harga Rp 2.500-2.700 atau PBV 1,8-2 kali. "Di tahun ini laba bersih maupun pendapatannya akan naik sekitar 17 persen," kata Deni.

Secara umum, Deni menuturkan, secara teknis saham dengan kode BBNI itu bergerak sempit di kisaran Rp 1.970-2.025. Tetapi, tren jangka mengah menunjukkan tren naik, yang tercermin dari indikator Directional Movement Index dan Parabolic SAR yang memperlihatkan potensi penguatan saham dalam waktu dekat.

Dia menambahkan, dari sisi pola teknis juga terbaca BBNI membentuk pola rounded bottom dan bepotensi untuk menembus target level di 2.100. "Rekomendasi saham ini buy di level Rp 1.970-1.990," tutur Deni.

antique.putra@vivanews.com

Menhan AS Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Ditetapkan Sebagai Presiden Terpilih
Jajaran Apple iPhone.

Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

Keputusan tersebut diambil menyusul hasil pertemuan gabungan angkatan darat (AD), laut (AL), dan udara (AU). Namun, untuk HP Android, khususnya Samsung, tetap boleh.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024