Susno Jadi Saksi Antasari

Susno Bersaksi Atas Inisiatif Pribadi

VIVAnews - Markas Besar Kepolisian RI menegaskan kehadiran Komisaris Jenderal Susno Duadji dalam sidang Antasari Azhar adalah atas inisiatif mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal itu.

"Itu inisiatif pribadinya," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Edward Aritonang, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 7 Januari 2010.

Mengenai Susno yang mengenakan pakaian dinas lengkap saat bersaksi di persidangan, Edward menyatakan, "Kalau sebagai pribadi tidak apa-apa."

Kehadiran Susno dalam sidang perkara pembunuhan Nasrudin Zulkarnain ini sempat dipertanyakan Jaksa Penuntut Umum yang dipimpin Cirus Sinaga. Jaksa mempersoalkan kapasitas Susno. "Apakah saksi ini didengar kesaksiannya semasa dia menjabat Kabareskrim?" kata Cirus. "Jika ya, maka harus ada surat izin dari atasan."

Jaksa juga mempertanyakan seragam dinas yang dikenakan Susno. "Yang bersangkutan berpakaiaan kedinasan Polri."

Surat izin itu, kata jaksa, juga penting karena Susno hadir di ruang sidang saat jam dinas. Mendengar keberatan jaksa, tim pengacara Antasari yang dipimpin Juniver Girsang tak mau kalah. Mereka meminta agar jaksa tidak mempersoalkan hal--hal yang tidak ada dalam undang-undang.

**
Nasrudin ditembak pada 14 Maret 2009. Dia meninggal 22 jam kemudian akibat dua peluru bersarang di kepalanya. Terbunuhnya direktur PT Putra Rajawali Banjaran ini menyeret sembilan terdakwa.

Lima di antaranya berperan sebagai eksekutor. Saat ini kelimanya sudah dituntut penjara seumur hidup oleh Pengadilan Negeri Tangerang. Kasus pembunuhan ini juga menyeret empat nama lainnya yakni mantan Ketua KPK Antasari Azhar, mantan Kapolres Jakarta Selatan Kombes Williardi Wizar, Bos Koran Merdeka Sigit Haryo Wibisono, dan Jerry Hermawan Lomm.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya
Manchester City

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Duel Brighton vs Manchester City dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express, Jumat 26 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024