Pembunuhan Nasrudin Zulkarnain

Jaksa: Kesaksian Susno Beratkan Antasari

VIVAnews - Jaksa Penuntut Umum kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnain, Cirus Sinaga, mengatakan keterangan mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Susno Duadji justru memberatkan terdakwa Antasari Azhar. Dia mengatakan keterangan Susno sama dengan keterangan yang diberikan oleh mantan Wakil Kepala Badan Reserse dan Kriminal, Hadiatmoko.

"Keterangannya bersesuaian dan mendukung keterangan saksi sebelumnya, Hadiatmoko, yang mengatakan proses penyidikan berjalan independen dan sesuai prosedur," kata Cirus usai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis 7 Januari 2010.

Menurut dia, dari keterangan Susno diperoleh fakta bahwa tidak ada pihak yang melakukan intervensi dalam pemeriksaan Antasari. Susno, kata dia, justru mengatakan sebagai Kabareskrim Polri tidak mencampuri penyidikan karena tugasnya menjadi kepala penyidikan di Polri. Sementara, lanjut dia, kasus ini ditangani Polda Metro Jaya. "Jadi siapa yang bilang ada rekayasa," kata dia.

Mengenai kehadiran Susno sebagai saksi meringankan bagi Antasari, Cirus menyatakan tidak menduganya. Tim JPU juga sempat memprotes kehadiran Susno sebagai saksi. Karena mengenakan  seragam dinas dan hadir pada saat jam dinas. "Kalau yang bersangkutan (Susno) sebagai pribadi, supaya membuka pakaian dulu, ganti pakaian dulu," kata dia.

Nasrudin ditembak pada 14 Maret 2009. Dia meninggal 22 jam kemudian akibat dua peluru bersarang di kepalanya. Terbunuhnya direktur PT Putra Rajawali Banjaran ini menyeret sembilan terdakwa.

Lima di antaranya berperan sebagai eksekutor. Saat ini kelimanya sudah dituntut penjara seumur hidup oleh Pengadilan Negeri Tangerang. Kasus pembunuhan ini juga menyeret empat nama lainnya yakni mantan Ketua KPK Antasari Azhar, mantan Kapolres Jakarta Selatan Kombes Williardi Wizar, Bos Koran Merdeka Sigit Haryo Wibisono, dan Jerry Hermawan Lomm.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun
Ilustrasi pengendara sepeda motor

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah video di media sosial memperlihatkan pengendara motor menabrak sebuah mobil pikap hingga terjungkal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024