Komitmen Holcim Pulihkan Ekologi Diragukan

SURABAYA POST - Komitmen PT Holcim Indonesia , Tbk (PT Holcim) memulihkan ekologi Goa Jambangan I dan II diragukan Koordinator Lembaga Konservasi dan Perlindungan Sumber Daya Alam (LKPSDA) Cagar, Edy Thoyibbi. Menurut Edy Thoyibbi, janji PT Holcim hanya untuk meredam gejolak warga di sekitar lokasi yang direncanakan akan ditempati PT Holcim.

Edy menyebut PT Semen Gresik, Tbk (PT SG) dan PT Trans Pacific Petrocemical Indotama (TPPI) sebagai contoh. Kedua industri besar tersebut, kata Edy, terbukti telah menyalahi komitmen awal seperti tertuang dalam dokumen Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL)-nya.
 
“ Lihat saja lokasi tambang PT SG, hingga sekarang tidak direklamasi. Kebutuhan air dulu katanya mau diambil dari Bengawan Solo, nyatanya PT SG mengambil dari sumber air bawah tanah di sekitar lokasi pabrik sehingga masyarakat nggak kebagian air untuk pertanian,” papar Edy Thoyibbi, Senin (11/1).

Edy juga menyebut TPPI telah menimbulkan kerugian pada nelayan akibat limbah cair (B3) yang dibuang ke laut oleh pabrik aromatic tersebut. Padahal dalam AMDAL TPPI, limbah cair yang masuk kategori B3 akan dinetralisir. “Buktinya mereka membuangnya ke laut yang menyebabkan ekologi laut di sekitar pabrik rusak,” tambah Edy Thoyibbi.

Dihubungi terpisah, Community Relation Manager (CRM) PT Holcim di Tuban, Ummu Azizah, mengatakan, keraguan LSM lingkungan hidup tersebut wajar. Malahan, katanya, keraguan semacam itu perlu sebagai warning agar pihaknya tetap bisa mengontrol komitmen.

“Kami berterima kasih kalau ada masyarakat yang menyampaikan kritik. Semua dijadikan masukan dan bahan kajian, dan yang lebih penting sebagai sarana control agar PT Holcim tidak mengingkari janji,” tanggap Ummu Azizah.

Laporan: Subekti

Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini
KCIC memberikan kompensasi ke penumpang Whoosh.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memohon maag atas terkait keterlambatan perjalanan kereta cepat Whoosh sore tadi. KCIC pun memberikan kompensasi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024