Pasar Utang Indonesia Lebih Kompetitif

VIVAnews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, tingkat obligasi atau pasar surat utang Indonesia saat ini sangat kompetitif. Ini terjadi lantaran banyaknya aliran dana asing yang masuk ke Indonesia.

Menurut Sri Mulyani, aliran dana ini membuat harga obligasi semakin baik. "Obligasi kita menjadi kompetitif, jadi dari sisi yield bisa kita tekan," kata Sri Mulyani di sela-sela acara Forum Indonesia-Jepang di Jakarta, Senin 11 Januari 2010.

Secara umum, masuknya likuditas global ke negara berkembang terutama Indonesia, memang dianggap memunculkan sentimen positif. Terlebih dengan kinerja awal Indonesia di 2009 yang baik, Indonesia dianggap lebih baik dibandingkan negara-negara berkembang lain.

"Sehingga dari sisi positioning, Indonesia sangat diuntungkan maka Anda bisa lihat dari jumlah captital inflow baik itu dari indeks harga saham melalui capital market atau pun melalui SUN, semuanya memberikan dampak positif," katanya.

Sri Mulyani mengatakan tidak hanya dari sisi domestik yang positif, kondisi regional maupun global juga situasinya sangat paperable.

Indonesia menurut dia akan memanfaatkan situasi ini untuk menjaga pembiayaan APBN 2010, tentunya tetap dengan memperhatikan rambu-rambu kehati-hatian yang ada. "Selagi positif, relatif kami akan menerapkan strategi front loading," katanya.

hadi.suprapto@vivanews.com

Tas Istri Dicuri Hingga Barang Berharga Raib, Pasha Ungu Beberkan Hal Ini
Presiden Joko Widodo saat menjamu para Calon Presiden Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Istana Negara, Jakarta Senin 30 Oktober 2023.

KPU Undang Anies dan Ganjar Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres 2024

KPU RI memastikan juga mengundang Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk menghadiri penetapan pemenang Pilpres 2024 pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024