Tingkatkan Ikan, Indonesia Gandeng Jepang

VIVAnews - Kementerian Kelautan dan Perikanan akan memperkuat sistem pelabuhan-pelabuhan perikanan di seluruh Indonesia. Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad mengatakan, kerja sama perkuatan ini akan pemerintah pusat, pemerintah daerah bekerja sama dengan pemerintah Jepang.

Menurut Fadel, Kementerian Kelautan dan Perikanan sudah punya konsep penguatan ini. Rencananya pemerintah akan mengajukan bentuk pelabuhan perikinan outer ring port kepada Jepang.

 "Ini di beberapa daerah di seluruh Indonesia," kata Fadel disela-sela Forum Indonesia-Jepang, di Jakarta, Senin 11 Januari 2009. "Jumlahnya sekitar 12 pelabuhan."

Tapi seperti apa pelabuhan ini dan berapa biayanya, Fadel belum bisa menyampaikan. Mimpi Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah agar tingkat ekspor dan pemenuhan ikan Indonesia di dalam negeri, bisa berlebih dan tidak memakan biaya tinggi.

"Kita misalnya udang tahun ini, produksinya turun 20 persen" ujar dia.

hadi.suprapto@vivanews.com

Lolly Ngaku Bakal Berkarier di Indonesia, Ingi Buat Nikita Mirzani Bangga
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan Presiden Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa

Sri Mulyani Bertemu Presiden ADB Bahas Transisi Energi hingga Pensiun Dini PLTU

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Presiden Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa di Washington DC, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024