Indonesia Siap Bangun 6 Koridor Ekonomi

VIVAnews - Indonesia siap membagi-bagi wilayah Indonesia dalam beberapa koridor. Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan ada enam koridor ekonomi yang sudah dibicarakan, dua di antaranya sudah siap dibangun.

"Yang sudah siap Pantai Timur Sumatera-Banten dan Pantai Utara Jawa," kata Hatta dalam konferensi pres  Forum Indonesia-Jepang, di Jakarta, Senin 11 Januari 2010.

Hatta mengatakan, percepatan pembangunan enam koridor ini dibahas dalam Forum Indonesia-Jepang. Kesepakatan di antaranya membentuk kelompok kerja percepatan pembangunan infrastruktur dan potensi investasi di bidang infrastruktur. "Dalam kelompok kerja pertama ini, termasuk di dalamnya 6 koridor ekonomi khusus itu," ujar Hatta.

Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono mengatakan dalam mewujudkan enam koridor ini, pemerintah Indonesia akan mengajak pihak Jepang. Persiapan misalnya dilakukan untuk empat koridor lainnya yakni, Koridor Kalimantan, Lintas Barat Sulawesi, Jawa Timur-Bali-Nusa Tenggara, dan Papua.

Menurut Bambang untuk dua koridor pertama, yakni Pantai Timur Sumatera-Banten dan Pantai Utara Jawa, beberapa sektor yang siap dikembangkan adalah industri kelapa sawit, karet, batubara, tekstil, produk makanan, dan peralatan transportasi," ujarnya.

Isu kedua dalam pertemuan Indonesia-Jepang yakni membahas isu terkait perbaikan iklim investasi di Indonesia. Hatta menerangkan dalam program 100 hari Kabinet Pemerintahan SBY, sudah dilakukan dengan upaya mengurai sumbatan tutup botol.

hadi.suprapto@vivanews.com

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam
Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024