Cermat Memilih Air Mineral Kemasan

VIVAnews - Pamor air minuman dalam kemasan semakin berkibar sebagai minuman praktis dan sehat dewasa ini. Sebagai salah satu kebutuhan dasar dalam kehidupan, air minum dapat dengan mudah ditemukan di mana saja dengan kemasan dan merek yang berbeda-beda pula. Semakin tingginya permintaan air minum yang bersih dan praktis memberi ruang terciptanya usaha air minum dalam kemasan, baik dalam skala kecil hingga raksasa.

Di tengah ragam pilihan air minum kemasan, seringkali kita ragu memilih air kemasan. Pasalnya, tak semua air kemasan yang dipasarkan aman diminum. Menurut Health Marketing Director PT Aqua Golden Missisippi, dr Regina Karim, sebelum membeli air minum dalam kemasan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Kejernihan air
Salah satu ciri fisik air minum yang mudah dikenali adalah kejernihannya. Semakin bening warna fisiknya, air mungkin mengalami proses produksi sesuai standar pengolahan air minum. Partikel padat dalam air atau warna yang keruh menandakan air kemungkinan terkontaminasi zat lain selama proses produksi. Menurut dr Regina, meskipun air terlihat jernih, untuk mengetahui kandungannya secara pasti dapat diteliti dalam laboratorium.

2. Tanggal kadaluarsa
Sama halnya dengan makanan, air minum kemasan yang telah lewat tanggal kadaluarsa berbahaya bagi kesehatan. Sebab, selama proses pengolahannya berbagai unsur dan mineral dimasukkan dalam air minum kemasan. Di saat bersamaan, kuman dan bakteri dalam bahan baku air minum dimatikan. Setelah lewat tanggal kadaluarsa, bahaya zat patogen dalam air dapat muncul kembali.

3. Kemasan yang kotor
Kemasan air mineral sangat mempengaruhi isinya. Kondisi tutup botol, leher botol atau bagian botol yang kotor atau rusak, menurut dr Regina, membuat resiko pencemaran bakteri patogen tinggi. Dia menyarankan agar tidak membeli air minum kemasan yang rusak.

4. Air kemasan yang terpapar sinar matahari
Meskipun belum melewati batas kadaluarsa, air minum yang terkena sinar matahari rentan bagi kesehatan. Sinar matahari dapat merusak struktur air dan mineral yang terkandung di dalamnya. Akibatnya, kualitas air tidak sesuai dengan standar kesehatan bagi peminumnya. Sehingga, ia menyarankan saat membeli air minum kemasan, pilihlah yang terkena sinar matahari paling sedikit. 

Konflik Iran Vs Israel, Harga BBM Subsidi Naik?
Wali Kota Medan, Bobby Nasution.(B.S.Putra/VIVA)

Meski Diblacklist, Bobby Nasution Tetap Ingin Ambil Formulir Pilgub Sumut dari PDIP

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa partainya telah membuka pendaftaran untuk Pilkada 2024. Semua pihak boleh mendaftar kecuali Bobby Nasution.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024