Angket Century

Ruhut Panggil JK Daeng, Ada yang Tersinggung

VIVAnews - Politisi Demokrat Ruhut Sitompul mendadak panas menerima jawaban mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam rapat Panitia Khusus Angket Kasus Bank Century. Awalnya Ruhut bahkan memanggil JK dengan sebutan "Ayahanda."

Namun ketika JK menjawab perihal tidak melakukan intervensi hukum saat menjabat Wakil Presiden, Ruhut langsung berubah sangar. JK menjawab "saya tidak mengintervensi, saya hanya menyuruh tangkap Robert Tantular."

"Terima kasih Pak Jusuf Kalla," ujar Ruhut. Ruhut lalu mengubah panggilan kepada Jusuf Kalla dengan "Daeng." Terhitung lebih dari lima kali Ruhut menggunakan kata sebutan untuk suku Bugis/ Makassar itu sebagai kata ganti Jusuf Kalla.

Begitu Ruhut menyelesaikan pertanyaannya kepada Jusuf Kalla, politisi Golkar Ibnu Munzir menginterupsi rapat. "Kali ini saya tersinggung soal sebutan Daeng," ujar Munzir yang terpilih dari daerah pemilihan Sulawesi Barat itu menyela dalam rapat di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 14 Januari 2010.

Ruhut langsung berkomentar, meminta bicara. Namun pimpinan sidang tak memberi kesempatan. Wakil Ketua Panitia Angket Mahfudz Siddiq lalu menyilakan Ketua Fraksi Demokrat Anas Urbaningrum untuk berbicara. Anas menyarankan kembali masuk ke substansi saja.

Namun perkataan Anas kembali diinterupsi. Kali ini politisi Hati Nurani Rakyat, Akbar Faisal. "Soal ini (panggilan Daeng--red) kita belum selesai," ujar Akbar Faisal yang terpilih dari Sulawesi Selatan II itu.

Akbar menyatakan, tak pernah tersinggung sebelumnya. Namun soal "Daeng" ini, dia tersinggung. Akbar lalu meminta, ke depan, jangan ada lagi sebutan-sebutan berbau etnis seperti ini dikembangkan dalam rapat Pansus.

Akhirnya pimpinan sidang lalu melanjutkan kembali ke substansi. Giliran Benny K Harman dari Demokrat yang bicara.

Shin Tae-yong Galau Harus Hadapi Negara Sendiri
Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Terpopuler: KPU Tetapkan Presiden Baru, Prabowo Sebut Senyum Anies Berat

Terpopuler: KPU Tetapkan Presiden Baru, Prabowo Sebut Senyum Anies Berat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024