Sebuah Kebebasan dari Alicia Keys

VIVAnews - Apa kabar Alicia Keys? Biduan R&B Jazz kulit hitam yang pernah manggung di Jakarta tahun 2008 ini, memang cukup lama vakum dari dunia tarik suara.

Suami Selingkuh, Tengku Dewi: Tau Diri Aja Udah Mau jadi Bapak Anak 2 Masih Begitu!

Terakhir, Keys meluncurkan albumnya yang bertajuk "As I Am" pada 2007. Tercatat album ini sukses mengganjar Keys dengan sebuah penghargaan di ajang musik bergengsi Grammy Awards 2009 sebagai "Best Female R&B Vocal Performance" untuk lagu "Superwoman" yang powerful.

Menjelang awal tahun 2010 ini, Keys kembali menggebrak dunia musik dengan album ke-4 yang diberi titel "The Element of Freedom". Seperti apa isi album dari penyanyi yang sebentar lagi akan berulang tahun ke-29 ini?

Prabowo: Jika Tidak Mau Kerja Sama, Jangan Ganggu Kami

Dengan total 12 lagu di dalamnya, album ini memang cukup segar dalam menampilkan kualitas vokal Keys yang dashyat. Dibuka dengan sebuah intro narasi dari Keys tentang makna "The Element Of Freedom", kita akan langsung didengarkan pada megahnya lagu "Love Is Blind" yang kental dengan sentuhan Jazz kontemporer.

Seperti biasa, Keys yang juga pandai mencipta lagu ini kembali dengan lirik-lirik puitis nan tajam. Di lagu ke-2 dalam album ini, kita disuguhkan lagu single pertama yang berjudul "Doesn't Mean Anything".

Profil Francois Letexier, Wasit Kontroversial di Laga Timnas Indonesia vs Guinea U-23

Keys juga tidak segan mengeksplorasi bebunyian terkini dengan bebasnya dalam lagu "Try Sleeping With A Broken Heart" yang mampu mengubah mood pendengarnya.

Permainan piano sang biduan yang kerap ditampilkan di panggung saat konser kembali terdengar dalam lagu "Wait Til You See My Smile". Vokal latar yang sayup terdengar dalam album ini makin mengukuhkan citra Keys sebagai seorang ratu R&B yang matang dan berkualitas.

Album ini makin mengupas sisi eksploratif Keys dalam bermusik lewat lagu "That's How Strong My Love Is" yang lagi-lagi tampil megah walau hanya diiringi dengan denting piano andal dari tangan Keys. Suara Keys yang cenderung berat dan powerful semakin membuat lagu ini sebagai jagoan untuk single berikutnya di album ini.

Nuansa R&B dengan perkusi yang melodius bisa kita dengar dalam "Un-Thinkable (I'm Ready)", selanjutnya kita pun dibawa dalam "Like The Sea" yang lagi-lagi tampil sempurna walau hanya diiringi piano.

Di empat lagu terakhir album ini, suguhan tembang beraroma R&B dengan sentuhan Jazz kontemporer makin intens dengan hadirnya lagu-lagu seperti "This Bed", "Distance and Time", "How It Feels To Fly" serta "Empire State Of Mind (Part II) Broken Down".

Secara keseluruhan, album yang kembali mengekspos sisi kebebasan bermusik Keys ini memang wajib dimiliki bagi penikmat musik. (wal)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya