3 Syarat Konfrontasi JK, Boediono, & Menkeu

VIVAnews - Panitia Khusus Hak Angket Bank Century besok akan memanggil sejumlah ahli untuk memetakan keterangan data, termasuk keterangan para saksi.

"Ada beberapa keterangan Pak JK [Jusuf Kalla] yang berbeda  dengan yang diberikan sebelumnya oleh Robert Tantular, Sri Mulyani, dan Boediono," kata Ketua Pansus, Idrus Marham usai rapat internal di Gedung Dewan, Senayan, Jakarta, Kamis 14 Januari 2010.

Salah satunya keterangan JK soal uang Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS). "Salah satunya keterangan Pak JK bahwa uang LPS adalah uang negara, secara tegas disampaikan," tambah Idrus.

Tim ahli, lanjut dia, nantinya juga akan menentukan apakah nantinya akan ada yang dikonfrontasi keterangannya.

Apakah nantinya JK, Sri Mulyani, dan Boediono akan dikonfrontasi dalam satu forum? "Bukan itu fokus kami," kata Idrus.

Dijelaskan dia, ada tiga patokan tim ahli untuk menentukan apakah saksi perlu dikonfrontasi.

"Pertama yang bertentangan, keterangan saksi saling melempar tanggung jawab, dan keterangan yang dianggap kontroversial. Bukan orang tapi tiga patokan itu," lanjut Idrus.

Saat ini, kata dia, Pansus sedang memasuki fase kedua dari lima tahapan kerja.

"Kerja Pansus ada lima tahap. Pendalaman basic data yakni audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), collecting data, yang sekarang kita lakukan. Tahap ketiga adalah konfrontasi dan rekonstruksi, lalu penyusunan laporan, dan memberikan laporan," jelas Idrus.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024