Dapur Bersih Bebas Bakteri

VIVAnews - Membersihkan dapur dan peralatan memasak mungkin bukan hal menyenangkan. Namun membersihkan dapur  secara rutin mencegah penyebaran bibit penyakit seperti virus influensa.

Selalu mencuci tangan sebelum dan setelah memasak sangat dianjurkan. Berikut cara praktis menjaga dapur tetap bersih dan bebas bakteri.

1. Bersihkan permukaan
Penelitian menunjukkan lemari dapur adalah tempat bersarangnya berbagai bakteri. Gunakan sabun dan air hangat untuk membersihkan lemari dapur dan keran air secara teratur, terutama setelah memasak ikan, daging ayam dan sapi. Jika menggunakan tisu, segera buang setelah digunakan. Cuci lap segera setelah digunakan.

2. Bersihkan meja dapur
Mencuci meja dan talenan tempat memotong bahan makanan mencegah penyebaran bakteri. Bersihkan meja dan tempat pemotong bahan makanan dengan air hangat dan sabun, lalu keringkan. Agar lebih sehat, dianjurkan menggunakan alas yang terbuat dari kayu daripada plastik. Sebuah penelitian menemukan bibit penyakit dan bakteri lebih sulit bertahan pada talenan yang terbuat dari kayu.

3. Bersihkan spon cuci
Jangan pernah lupa membersihkan spon yang Anda gunakan mencuci peralatan dapur. Sesekali, spon perlu dicuci dan dipanaskan selama satu menit dalam microwave atau oven untuk membunuh bakteri yang hidup di dalamnya.
 
4. Atur penempatan bahan makanan di lemari es
Pisahkan tempat daging dan makanan laut dalam lemari pendingin. Untuk mencegah penyebaran bakteri, jauhkan penyimpanan makanan berupa daging-dagingan dengan sayuran atau keju. Gunakan plastik untuk membungkus makanan. Selain mencegah perpindahan bakteri, makanan lebih awet.

5. Gunakan pembersih buatan sendiri
Selain cairan pembersih yang banyak terdapat di pasaran, Anda bisa membuat sendiri cairan pembersih dapur dari bahan-bahan yang ada di dapur. Campurkan baking soda (soda kue), cuka, dan air perasan jeruk.

Kanye West Dilaporkan Akibat Diduga Meninju Pria yang Melecehkan Istrinya, Bianca Censori

Campuran pembersih ini murah dan tidak kalah efektif dengan cairan pembersih kimia. Yang paling penting, cairan pembersih alami lebih ramah lingkungan dan tidak mengandung racun bahan kimia.h alami lebih ramah lingkungan dan tidak mengandung racun bahan kimia.

VIVA Militer: Anthony Blinken dan Benjamin Netanyahu

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Pertempuran antara Israel dan Palestina di wilayah Gaza, yang diikuti oleh serangan yang dilancarkan oleh Hamas terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober 2023.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024