Prinsip Awet Muda Ayurveda

VIVAnews - Prinsip kesehatan tradisional India atau lebih dikenal Ayurveda sudah banyak dipraktekkan di berbagai negara. Salah satu prinsipnya adalah kunci awet muda yang tergantung pada pemikiran dan bukan penampilan.  

Penuaan tidak dapat dihindari dan memang tidak seharusnya dihindari. Kulit yang menjadi keriput, energi yang menurun, rambut yang memutih, menurut prinsip Ayurveda hanya keadaan fisik saja. Ajaran Ayurveda mengharuskan kita  mempertahankan kekuatan yang dimiliki dengan gaya hidup yang lebih baik.

Daripada menjalani operasi untuk mengencangkan kulit, mengonsumsi pil anti keriput atau suntik botoks, Ayurveda menganjurkan untuk menghilangkan kebiasaan yang menguras energi dan meningkatkan kebiasaan yang mendukung kecerdasan alami tubuh. Kuncinya adalah menjaga kesehatan dan peremajaan, khususnya mendapatkan asupan prana (energi) yang berlimpah. Hal mendasarnya adalah menjaga kebersihan baik tubuh, pikiran dan hal-hal yang ada disekeliling.

Tubuh kita dirancang untuk mempertahankan yang berguna dan membuang yang tidak berguna. Jalur pengeluaran utama adalah paru-paru, usus besar, kandung kemih, dan kulit, yang didukung oleh sistem limpa. Sisitem tersebut adalah filter untuk menghilangkan kotoran dan sistem sirkulasi. Proses pembersihan ini otomatis, dan Anda harus memaksimalkan prosesnya.

Hal itu karena saat tubuh berisi kotoran, energi akan berkurang dan membuat pikiran stagnan. Anda bisa kehilangan antusiasme pada banyak hal dan seperti mengalami penuaan. Tidak berenergi dan kurang bersemangat

Ayurdeva menganjurkan untuk selalu melakukan pembersihan pada pagi hari. Perbanyak minum air putih dan makanan berserat agar buang air besar lancar pada pagi hari. Jadikan buang air besar, prioritas pertama dalam proses pembersihan. Air hangat memiliki efek pencahar dan jeruk lemon memiliki efek pembersihan. Anda juga bisa minum, air jeruk hangat yang dicampur sedikit garam untuk mengeluarkan racun dan kotoran dalam tubuh.

Lalu, lanjutkan proses pembersihan dengan membersihkan hidung dan sistem pernafasan menggunakan neti pot. Isi neti pot dengan air hangat yang dicampur dengan garam untuk membersihkan hidung dan saluran pernafasan Anda. Bakteri, virus dan jamur yang terdapat pada hidung bisa dikurangi dan pernafasan Anda akan menjadi lebih baik. Hal ini sangat berpengaruh pada kondidi fisik tubuh dan pikiran Anda.

Usahakan untuk selalu mandi dengan air hangat, dan setelah tubuh bersih lakukan meditasi atau yoga selama beberapa menit. Latihan yoga bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Postur tubuh pun menjadi lebih baik dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah

Latihan pernafasan dalam yoga membuat paru-paru bekerja lebih maksimal dan udara yang masuk menjadi lebih baik. Prana (energi) yang masuk pun menjadi lebih banyak dan inilah yang membuat Anda selalu terlihat awet muda.

Donald Trump dan Karen

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Proses persidangan kasus uang tutup mulut Donald Trump memasuki minggu ini, dua pengacara bersiap untuk menginterogasi para saksi. Salah satunya, ada nama Karen McDougal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024