Hotma Marbun Pimpin Kodam Cenderawasih

VIVAnews - Mayor Jenderal Hotma Marbun dipercaya memangku jabatan sebagai Panglima Daerah Militer XVII Cenderawasih menggantikan Mayor Jenderal AY Nasution. Serah terima jabatan berlangsung di halaman Kodam Cenderawasih Polimak, Jayapura, Papua, dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal George Toisuta, Senin 18 Januari 2010.

Selanjutnya AY Nasution akan menjabat sebagai komandan Pusat Teritorial Mabes Angkatan Darat. Hotman Marbun sebelumnya menjabat Dan Sesko Mabes TNI.

Dalam sambutannya, KSAD mengatakan, alih tugas jabatan merupakan kebutuhan dan dinamika organisasi TNI AD. Selain sebagai penyegaran juga untuk pengkaderan dan peningkatan karier personel.

Menurut KSAD, posisi Papua sangat strategis, karena selain wilayah paling timur, sangat luas juga berbatasan langsung dengan negara lain. Hal itu tentu menimbulkan kerawanan tersendiri yang sudah barang tentu membutuhkan penanganan khusus.  "Papua punya karakteristik tersendiri dibanding daerah-daerah lain, inilah yang menjadi tantangan," ujarnya.

Perbedaan pandangan yang juga masih kerap terjadi di tengah-tengah masyarakat Papua harus disikapi dengan selalu mengedepankan dialog dengan melibatkan masyarakat itu sendiri. "Semua masalah harus diselesaikan dengan dialog," ucapnya.

Kepada para prajutit, dalam bertugas harus profesional dan terus menciptakan situasi yang kondusif. Waspadai provokasi maupun hasutan yang tujuannya merongrong NKRI. Ciptakan kerja sama kesatuan. Manunggal TNI dengan rakyat jangan hanya slogan semata.

Laporan Banjir Ambarita | Jayapura