Sensasi Menikmati Teh Putih Wonosari

SURABAYA POST -- Kebun teh Wonosari merupakan agrowisata perkebunan teh yang berada sekitar 30 km ke arah utara Kota Malang. Posisinya tepat berada di kaki Gunung Arjuno di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari dan Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Selain menyajikan pemandangan khas hamparan kebun teh, agrowisata ini juga menyuguhi pengetahuan soal teh, yakni pemetikan daun teh sampai proses akhir hingga produk berada di tangan konsumen. Selama ini, banyak orang tidak mengetahui proses pembuatan teh. Mulai daun teh yang dipetik kemudian mengalami proses hingga akhirnya bisa diseduh di dalam cangkir.

Namun produk the kebun ini berbeda dibanding kebun teh lainnya di Indonesia. Produk tersebut adalah teh putih atau orang biasa menyebutnya white tea. Wakil Manajer Kebun Teh PTPN XII, Made Susilatama, mengatakan, kebun teh di kawasan Indonesia timur yang memproduksi teh putih hanya di Wonosari.

Suzuki Access 125 Facelift Bakal Meluncur dengan Gaya Skutik Italia

Sementara untuk menikmati kesegaran teh putih hanya ada di dua tempat, selain di Wonosari juga di Kafe 12 yang merupakan cabang dari Kebun Teh Wonosari di Mal City Of Tomorrow, Surabaya.

Sesuai namanya, warna teh putih berbeda dengan teh pada umumnya.Jika pada umumnya teh berwarna merah dan tampak kecoklatan, teh putih memiliki warna sedikit coklat dan tampak keputih-putihan. ”Rasa dan aromanya juga berbeda. Meminum segelas teh putih, Anda akan terasa dibawa keaslian tanaman teh yang sejati,” ujar Susilatama berpromosi.

Ia menjelaskan, teh putih merupakan teh berbahan pilihan, sebab diambil dari pucuk daun teh (pucuk peko) yang belum mekar. Karena itu, untuk menghasilkan teh ini perlu kreativitas tersendiri dari para pemetik.

"Teh putih berasal dari pucuk peko yang dipilih oleh tangan pemetik berpengalaman. Dari situlah tercipta teh berkualitas, sebab selama ini tenaga manusia masih belum tergantikan dalam industri teh terutama pemetik daun teh," paparnya.

Minimnya hasil produk teh putih membuat harganya cukup tinggi dibandung the lainnya. Satu bungkus daun teh putih berisi 10 gram dijual dengan harga Rp17.500,00, sedangkan secangkir teh berisi dua gram daun teh putih harganya Rp7.500,00.

Kebun teh di Indonesia yang menghasilkan teh putih hanya di Bandung, Jawa Barat, serta di Wonosari Jawa Timur. Dalam penyajiannya, teh putih juga berbeda dibanding dengan teh biasanya. Karena, jika salah dalam menyajikan rasa dan aromanya yang asli akan hilang.

Laporan: Putut Priyono

Ilustrasi garis polisi.

Jasad Wanita Tinggal Tulang Ditemukan Ditimbun Dalam Rumah di Makassar, Diduga Dibunuh Suami

Polisi telah menangkap terduga pelaku yang membunuh wanita tersebut.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024