Ekspor RI ke Somalia Ditargetkan US$ 8 Juta

VIVAnews - Ekspor Indonesia ke Somalia ditargetkan meningkat menjadi US$ 8 juta pada 2010.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menilai, melalui kerja sama perdagangan langsung antara kedua negara, kementerian optimistis nilai ekspor akan menyamai realisasi pada 2007 yang mencapai US$ 7-8 juta. Pada 2008, ekspor anjlok, hanya US$ 3,1 juta.

"Banyak perdagangan Indonesia dan Somalia yang melalui Dubai, tidak langsung ke Somalia," kata Mari saat menerima kunjungan kerja Menteri Perdagangan Somalia Abdirashid Mohamed Abdi di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin 18 Januari 2010.

Jika perdagangan kedua negara dilakukan secara langsung, Mari optimistis ekspor pada 2008 yang turun menjadi US$ 3,1 juta akan meningkat minimal menjadi US$ 8 juta.

"Total impor Somalia sekitar US$ 1,6 miliar. Jadi porsi kita kecil sekali. Kalau potensi bisa digali di bidang konstruksi akan bisa diperbesar lagi," ujarnya.

Data Kementerian Perdagangan menunjukkan, ekspor Indonesia ke Somalia pada 2008 mengalami penurunan di produk kantung plastik, batu bara, produk kayu, dan tekstil. Sebaliknya, kenaikan terjadi di produk besi, kertas untuk mata uang, dan kaca (glassware).

arinto.wibowo@vivanews.com

Usai Ditangkap Polisi, TikToker Galih Loss Minta Maaf, Janji Tak Buat Konten Serupa
VIVA Militer: Kasum TNI pimpin upacara laporan kenaikan pangkat 19 Pati TNI

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat dipimpin oleh Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024