Program Operator

2010, Telkomsel Bidik 100 Juta Pelanggan

VIVAnews - Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, Telkomsel mengaku punya banyak program. Program-program tersebut dibagi-bagi per segmen.

Sebagai contoh, untuk pelanggan dengan jumlah pemakaian di atas 1 juta per bulan, tersedia program Telkomsel Priority. Untuk pengguna tersebut, biasanya Telkomsel membuatkan program yang sesuai dengan kesukaan mereka. Contohnya travelling, priority musik, dan lain-lain.

“Untuk yang segmen sekolah seperti sekarang, kita bikin yang sifatnya fun, prestatif dan edukatif seperti ini. Jadi ada pecinta alam juga, sinemania asik yang film-filmnya adalah film bertema education, ada juga sport-nya, futsal asik, misalnya,” kata Helmi Wahidi, General Manager Customer Retention Management Telkomsel pada VIVAnews di Bali, 18 Januari 2010.

“Untuk segmen di atas sekolah, segmen anak-anak kampus, ada juga Simpati Zone, dan di situ kegiatannya kebanyakan yang bersifat challenge,” kata Helmi. “Ada music zone atau sport zone, tetapi yang agak ekstrem olahraganya, beda dengan TSC,” ucapnya.

TSC sendiri sebetulnya ditujukan dari SMA sampai SD. Tetapi Helmi mengaku, pihaknya belum bisa menjangkau semua. Dengan demikian, sebagai awalan Telkomsel mulai dari SMA dulu dan akan dilanjutkan ke tingkat SMP dan SD di masa datang. “Ini berkelanjutan, kan mereka jadi duta di sekolahnya masing-masing. Nanti buat program apa, kita fasilitasi,” kata Helmi.

Sebagai contoh, Helmi menyebutkan, misalnya adalah program untuk meningkatkan membernya. “Kan dalam TSC ada yang namanya membership, nanti akan kami berikan gimmick-gimmick berupa pulsa gratis, Telkomsel point, dan lain-lain,” kata Helmi. “Diharapkan mereka nantinya akan menjadi dutanya Telkomsel,” ucapnya.

Saat ini, Helmi menyebutkan, jumlah provider seluler memang banyak. Tetapi itu bukanlah masalah. “Kami memasang target 100 juta pelanggan di 2010 ini, dari 85 juta pengguna di 2009, dan banyaknya kompetitor tak jadi soal,” kata Helmi. “Dari sisi populasi saja, kita punya 220 juta. Pasar yang bisa kita masuki ada 180 jutaan. Belum lagi orang sekarang banyak yang memakai 2 handset, jadi bisa saja penetrasi pasar kita di atas 100 persen,” ucap Helmi.

“Katakanlah jumlah penduduknya 220 juta, tetapi jumlah kartu seluler yang digunakan bisa lebih dari itu,” kata Helmi. “Jadi, masih terbuka pasarnya,” ucapnya.

Yang pasti, kata Helmi, anak-anak sekolah ini merupakan segmen yang perlu diseriusi. “Total populasi penduduk untuk anak sekolah kan 30 jutaan. Kalau untuk data kita sekarang, TSC ada 6 juta di seluruh Indonesia. Untuk mencapai 100 juta pelanggan kan kurang 15 juta,” kata Helmi. “Lewat anak-anak sekolah ini, kita bisa juga mencapai target 100 juta pelanggan,” ucapnya.

“Saat ini, total TSC ada 6 juta pelanggan,” kata Helmi. “Kita targetkan jumlah membernya bisa menambah sampai 20 persen. Insya Allah,” ucap Helmi.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis
Cawapres sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Cak Imin menjelaskan bahwa pembubaran Timnas Amin akan dilakukan di rumah Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024