Polri Tidak Gamang Selesaikan Kasus Susno

VIVAnews - Wakil Kepala Divisi Humas Markas Besar Kepolisian Indonesia (Mabes Polri), Brigadir Jenderal Sulistyo Ishak membantah ada kegamangan dalam tubuh Polri terkait pemeriksaan ganda yang dilakukan kepada mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Susno Duadji.

"Kegamangan bagaimana? Ini kan masalah internal dan kami sudah punya mekanisme. Semuanya masih dilengkapi," kata Sulistyo setelah diskusi bertajuk 'Reformasi Polri: Upaya Penegakan Hukum', di PB HMI, Jalan Diponegoro 16A, Jakarta, Senin 18 Januari 2010.

Susno memicu kehebohan setelah hadir sebagai saksi meringankan untuk terdakwa kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnain, Antasari Azhar. Susno diduga melanggar kode etik profesi Kepolisian karena datang pada jam kerja dengan mengenakan pakaian dinas.

Namun tanda tanya juga muncul dalam penyelesaian kedatangan Susno ke sidang Antasari tersebut. Polri membentuk dua tim untuk menangani dugaan pelanggaran Susno. Keduanya mengeluarkan pernyataan berbeda.

Kepala Badan Intelijen dan Keamanan, Inspektur Jenderal Polisi Saleh Saaf kepada wartawan mengatakan ada tim lain yang dibentuk oleh Polri untuk melakukan klarifikasi kepada Susno.

Dia mengaku ditunjuk oleh Kapolri, Bambang Hendarso Danuri untuk memimpin tim klarifikasi kepada Susno Duadji. Tim ini, kata dia, beranggotakan empat jenderal.

Saleh mengaku telah melakukan klarifikasi kepada Susno dan menyatakan Susno tidak terbukti melakukan pelanggaran. "Kalau sekarang tim klarifikasi sudah mengatakan tidak ada masalah, setidak-tidaknya [tim] Propam (Profesi dan Keamanan) akan berhenti," kata Saleh.

Sementara, Kepala Divisi Propam, Inspektur Jenderal Oegroseno mengatakan tidak tahu menahu soal keberadaan tim lain, tim klarifikasi. Dia mengatakan masalah Susno hanya diperiksa oleh Propam.

Sulistyo mengatakan seluruh bahan dan keterangan yang dihimpun dua tim itu akan saling melengkapi. "Dua tim itu mendalami bagian yang berbeda. Hasilnya nanti akan dilaporkan ke pimpinan," ujar Sulistyo.

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong
Deva Mahenra dan Mikha Tambayong

Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan

Ramadan menghadirkan kesan yang lebih mendalam saat dirayakan bersama keluarga. Namun, berbeda dengan sejumlah artis ini karena memiliki pasangan beda agama.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024