Sosok Cosmas Batubara, Akrab dengan Pekerja Hingga Jadi Pencetus Rusun

Cosmas Batubara
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Mantan Menteri Tenaga Kerja dan mantan Menteri Perumahan Rakyat pada era Presiden ke-2 Soeharto, Cosmas Batubara tutup usia sekitar pukul 03.27 WIB, Kamis 8 Agustus 2019. Banyak kalangan berduka mendengar kabar tersebut dan mengenang jasa-jasa Cosmas semasa hidupnya.

Cosmas Batubara, Pencetus Rumah Susun Hingga Akrab dengan Pekerja

Salah satunya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani Nena Wea. Dia pun mengaku turut berbelasungkawa atas meninggalnya Cosmas.

Menurutnya, saat menjabat sebagai Menaker di era Orde Baru, Cosmas terkenal dengan komunikasi yang sangat cair dan mudah berdialog. Termasuk, saat ayahanda Andi, Jacob Nuwa Wea, menjadi pemimpin gerakan buruh di saat Cosmas menjadi Menaker.

Mantan Menteri Orde Baru Cosmas Batubara Meninggal Dunia

“Beliau sangat tenang, sabar dan mengayomi,” ujar Andi, dikutip dari keterangannya, Jumat 9 Agustus 2019. 

Selain itu, saat di awal-awal Andi menjadi Presiden konfederasi buruh, Cosmas juga sangat membantu memberikan nasihat dan bimbingannya. Sehingga, segala aspirasi buruh yang harus di prioritaskan bisa terpenuhi. 

Meski Mengidap Kanker, Cosmas Batubara Tak Pernah Mengeluh

Lebih lanjut, kata Andi, kinerja Cosmas di Kementerian Perumahan Rakyat pun tak kalah berprestasinya. Berkat Cosmas, saat ini sudah banyak rumah susun di seluruh Indonesia. 

"Pak Cosmas juga sangat berhasil dalam memimpin Kementerian Perumahan Rakyat dan menjadi pencetus rumah susun untuk rakyat," jelasnya.

Sebagai informasi, Cosmas diketahui lahir pada 19 September 1938, dan meninggal pada usia 80 tahun. Saat ini, Cosmas menjabat sebagai Rektor Podomoro University.

Almarhum diketahui pernah menjabat Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Repubik Indonesia (PMKRI) dan juga pernah menjadi Ketua Satuan Aksi Mahasiswa (KAMI) Pusat. Dia pun aktif sebagai politikus di Partai Golkar. 

"Di saat ayahanda saya wafat, beliau juga selalu hadir dalam setiap kegiatan doa," kata Andi.

Sejumlah jabatan sebagai komisaris pun pernah diembannya. Antara lain di Agung Podomoro dan Agung Sedayu Grup, Multi Bintang Indonesia, dan Intiland Development. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya