MRT Jakarta Sediakan Parkir Murah, Tarif Hanya Rp5.000 per Hari

Gandeng Intiland, MRT Jakarta Sediakan Parkir Murah untuk Penumpang
Sumber :
  • VIVAnews/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – PT MRT Jakarta dan PT Intiland Development Tbk, menandatangani kerja sama penyediaan parkir khusus bagi penumpang MRT Jakarta di kawasan bisnis terpadu South Quarter, Jakarta Selatan.

Viral Video Aksi Maling Curi Spion Mobil, Ada Cara Mencegahnya

Parkir khusus bernama 'Park and Ride South Quarter' tersebut, digagas kedua belah pihak, guna memudahkan masyarakat dalam mencari area parkir terdekat dengan stasiun-stasiun MRT Jakarta.

"Hal ini bermanfaat bagi masyarakat dan para pekerja kantor di sekitar area Lebak Bulus, yang ingin menggunakan fasilitas MRT Jakarta dari Stasiun Lebak Bulus Grab dan Stasiun Fatmawati, Jakarta Selatan," kata Direktur Pengembangan Bisnis Intiland, Permadi Indra Yoga di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis 15 Agustus 2019.

Parkir Liar Kian Menjamur di Minimarket, Seperti Apa Aturannya?

Yoga mengaku pihaknya sangat menyambut baik kerja sama, yang menjadi bagian dari sejumlah kerja sama mutual dengan pihak MRT Jakarta tersebut. "Sekaligus sebagai wujud komitmen bagi kedua belah pihak, untuk mendorong kesadaran publik menggunakan transportasi umum," kata Yoga.

Sebab, lanjut Yoga, aspek kenyamanan dan keamanan harus selalu menjadi faktor penting bagi masyarakat, agar mereka berkenan untuk pindah dari kendaraan pribadi dan menggunakan transportasi publik, termasuk dalam mencari fasilitas parkir kendaraan. 

Belajar dari Wanita Ngamuk ke Dishub karena Digembok Mobilnya, Pahami Aturan Parkir di Jalan

”Ini juga jadi komitmen kami untuk kasih kemudahan bagi masyarakat, yang tiap harinya beraktivitas menggunakan moda transportasi umum. Ini juga bentuk dukungan dan pergerakan sosial untuk secara bertahap mengurangi tingkat polusi di Jakarta,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar menjelaskan, sepanjang koridor Lebak Bulus dan Bundaran HI ini, terdapat setidaknya dua titik park and ride.

"Satu di area Lebak Bulus dan South Quarter ini. Kami berharap, dengan tersedianya fasilitas park and ride ini, makin banyak masyarakat yang beralih dari pengguna kendaraan pribadi menjadi pengguna transportasi publik, seperti MRT dan Transjakarta,” kata William.

Fasilitas Park and Ride South Quarter ini berlokasi di kawasan perkantoran terpadu South Quarter, Jakarta Selatan, yang berada di koridor utama TB Simatupang, dan berada di antara Stasiun MRT Fatmawati, dan Stasiun MRT Lebak Bulus Grab.

Lokasi ini mudah dijangkau, karena hanya berjarak sekitar 700 meter dari Stasiun MRT Fatmawati, dan sekitar satu kilometer dari Stasiun Lebak Bulus Grab. 

Intiland diketahui mengalokasikan lahan untuk area park and ride seluas 3.500 meter persegi, dengan area parkir yang mampu menampung sebanyak 75 mobil, dan sekitar 30 unit sepeda motor, yang dikelola secara profesional.

Selain dilengkapi fasilitas parkir yang baik dan nyaman, juga tersedia layanan bus Transjakarta, yang akan mengantar para penumpang dari halte park and ride menuju ke stasiun MRT terdekat. 

Keunggulan lain dari Park and Ride South Quarter adalah penerapan tarif parkir khusus yang jauh lebih murah, yakni hanya senilai Rp5.000 per hari untuk mobil dan Rp2.000 per hari untuk sepeda motor.

”Tarif khusus ini hanya berlaku bagi para penumpang MRT Jakarta pada hari tersebut,” ujar Yoga. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya