5 Aturan Kelola Uang yang Akan Bantu Anda Menjadi Miliarder

Orang kaya raya.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Setiap orang ingin menjadi miliarder dan pensiun dalam usia muda. Mengelola uang dengan baik menjadi syarat utama mewujudkan mimpian menjadi kaya. 

Jangan Sampai Terjerat Pinjol, Ini Tips Kelola Keuangan Lebih Cerdas

Tidak adanya simpanan yang cukup akan membuat Anda tidak bisa menikmati hidup. Bahkan hal terburuknya Anda akan kekurangan uang untuk membiayai hidup Anda saat pensiun. 

Upaya untuk menjadi miliarder akan lebih mudah dicapai bila Anda sudah berinvestasi sejak usia 20-an. Berikut lima aturan kelola uang yang akan membantu Anda memiliki uang Rp1 miliar, seperti dilansir CNBC, Jumat 16 Agustus 2019.  

Terpopuler: Orang Kaya ke Mall Bawa 20 Mobil Mewah, Gebrakan Baterai Baru BYD

1. Menabung hingga Anda merasa kekurangan 

Usahakan menabung setidaknya 20 persen dari pendapatan Anda per bulan, meski Anda mungkin merasa kekurangan untuk membiayai hidup Anda. Selalu bijaksana dalam menggunakan uang Anda. Jangan menghabiskan uang Anda untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan. 

Ini Baru Orang Kaya! Belanja ke Mall Bawa 20 Mobil Mewah dan Ambulans

2. Jadikan properti teman Anda 

Inflasi akan terus naik tiap tahun. Jadikan properti sebagai investasi utama. Buat target untuk membeli properti secepatnya ketika Anda sudah mengetahui ingin menetap di mana. 

Harga rumah akan terus naik tiap tahun. Jika Anda membayar bunga kredit pemilikan rumah sekitar 5-7 persen per tahun, harga tanah dan rumah naik 10 persen setiap tahun. Jadi Anda mendapat imbal hasil sekitar 3-5 persen. 

Properti Anda juga bisa menjadi sumber pendapatan pasif Anda saat pensiun, jika Anda menyewakan rumah untuk menjadi penginapan. 

3. Hidup berhemat seperti Anda orang miskin

Semakin kaya Anda, maka Anda akan semakin pelit dan sederhana. Banyak orang-orang muda membeli barang mewah dan bermerek hanya untuk pamer. 

Hidup sederhana bukanlah hal yang memalukan. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, terkenal dengan penampilannya hidup sederhana. Dia selalu mengenakan kaus yang sama, dan mengendarai mobil tua selama 10 tahun.

4. Investasi secara agresif 

Ada banyak produk investasi di pasar keuangan, seperti reksadana dan saham. Investasi saham akan membuat Anda mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi dan membuat Anda cepat menjadi kaya. 

Investasilah di saham-saham perusahaan yang menguntungkan dan berkembang pesat, karena sahamnya akan menjadi semakin mahal setiap tahun dan nilai uang Anda akan berkembang. 

5. Bangun jaringan yang kuat

Lingkungan Anda akan memengaruhi masa depan Anda. Bangun jaringan pertemanan dengan orang-orang yang akan membawa Anda semakin sukses. 

Kerja keras belum cukup untuk membawa Anda menjadi orang sukses. Bila Anda memiliki seseorang yang berkuasa, dia akan bisa membuat karier Anda menanjak naik lebih cepat, bahkan membantu Anda dipromosikan menjadi direktur perusahaan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya