Menopause Tingkatkan Risiko Serangan Jantung

VIVAnews - Memasuki masa menopause wanita memiliki tingkat risiko terkena penyakit kardiovaskular lebih besar. Perubahan lemak tertentu dalam tubuh memicu kolesterol yang menyebabkan penyakit jantung.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Cardiology menjelaskan menopause meningkatkan jumlah kolesterol buruk dalam darah, yaitu low density lipoprotein (LDL) dan apolipoprotein B (Apo B). Perubahan juga terjadi pada tekanan darah, level insulin tubuh, glukosa dan lipoprotein(a).

Menurut kepala tim peneliti Kim Sutton-Tyrrell, periode paling penting perubahan signifikan dalam tubuh wanita terjadi pada satu tahun menstruasi terakhir hingga masa menopause. Di masa ini menopause menyebabkan perubahan jumlah serum lemak pada semua wanita dari semua ras. Perubahan lemak meningkatkan risiko terjadinya jantung koroner.

Dokter menyatakan, risiko kolesterol dan jantung dikurangi dengan menerapkan gaya hidup sehat dan memperbanyak menu rendah kolesterol buruk.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI
Festival balon udara digelar di Pekalongan dan Wonosobo Jawa Tengah

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

AirNav telah mengeluarkan Notif atau NOTAM kepada pilot untuk waspadai munculnya balon udara yang diterbangkan secara liar di ketinggian 8.000 hingga 9.000 kaki.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024