RK: Tahap 1 Pembenahan Wisata Waduk Jatiluhur Bangun Masjid Terapung

Ridwan Kamil Pastikan Pembenahan Pariwisata di Waduk Jatiluhur.
Sumber :

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan pembenahan pariwisata di kawasan Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, dimulai tahun ini. Pada tahap pertama, pihaknya bersepakat membangun Masjid Terapung di kawasan waduk.

Strategi Baru Industri Perhotelan untuk Menarik Wisatawan Setelah Pandemi

Hal tersebut diungkapkan RK, atau yang akrab juga disapa Kang Emil, seusai kunjungan kerja ke Perlombaan HUT RI ke 74 di Kawasan Waduk Jatiluhur Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Minggu 18 Agustus 2019.

“Hari ini, saya hadir ke Desa Jatimekar, karena memang akan ada pengembangan yang sudah dikomitmenkan. Tadi survei memastikan, sudah ada kesepakatan tahap pertama, membangun masjid terapung dalam waktu enam bulan,” ujarnya.

Kinerja Tiket.com Meningkat Seiring Pulihnya Industri Pariwisata

Setelah pembangunan masjid, lanjutnya, tahap kedua dilanjutkan dengan pembangunan hotel terapung Waduk Jatiluhur dan fasilitas tambahan bagi wisatawan.

“Tahap kedua, membangun kawasan perhotelan terapung juga. Ketiganya, membuat visitor center di daerah yang paling ramai dekat water boom,” katanya.

Kebangkitan Pariwisata Nasional, Kolaborasi Otoritas Wisata Daerah dan UMKM

Kang Emil menyatakan, kerja sama dengan Perusahaan Umum Jasa Tirta (PJT) II selaku pengelola Waduk Jatiluhur sudah ditetapkan melalui MoU, untuk pengembangan pariwisata. “Dari tahun ke tahun, kita akan melihat perubahan dimulai dari Jatimekar ini. (Dengan PJT) sudah deal, sudah MoU, tanda tangan dua bulan lalu, yang intinya Jatiluhur tidak hanya urusan airnya saja atau listriknya, tetapi juga pariwisata,” ujarnya.

Dia menambahkan, pembangunan tahap satu mulai dijalankan, setelah Detail Engineering Design (DED) tuntas.

“(Dikerjakan) Tahun ini, anggaran masih dihitung, karena proses masih DED. Tetapi, kita komit yang gampang dulu, yang gampang adalah masjid dulu, kedua hotel investasi, ketiga baru pusat kawasan wisata,” terangnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, siap mendukung upaya Perum Jasa Tirta II dalam mengembangkan pariwisata di Waduk Jatiluhur Purwakarta. Hal tersebut, ia ungkapkan, setelah membuka acara The 1st Jatiluhur Stand up Paddleboard and Kayak Exhibition 2019.

Dalam sambutannya, Minggu 14 Juli 2019, Kang Emil mengatakan, keinginannya terkait Waduk Jatiluhur di masa mendatang.

Mantan Wali Kota Bandung itu berharap, Waduk Jatiluhur bisa seperti destinasi wisata olahraga air di Maldives. “Kami ingin bisa bangun Jatiluhur seperti di Maldives. Ada hotel terapung, restoran terapung, jetski, dan olahraga lainnya yang bisa menunjang sport tourism di daerah ini," kata dia.

"Gubernur Jawa Barat mendukung sport tourism di Jatiluhur. Karena, dengan berkembangnya sport tourism akan mendukung percepatan ekonomi, sehingga Indonesia lebih cepat menuju adil dan makmur," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya