Cerita Putri Tukar Uang Rusak Dimakan Rayap ke Bank Indonesia

Putri Buddin dengan uangnya.
Sumber :
  • tvOne.

VIVA – Seorang perempuan mendadak viral di media sosial setelah mengunggah sebuah foto uang rusak yang ditaruhnya di kantong plastik. Uang itu disebutkannya dimakan rayap saat disimpannya di lemari pakaian. 

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Sang wanita, Putri Buddin, pun mengaku telah menukarkan uang tersebut ke Bank Indonesia. Dari Rp10 juta uang yang dirusak rayap itu, hanya sebagian kecil saja yang bisa ditukarkan di BI. 

"Dari yang saya bawa Rp5,4 juta, yang layak tukar Rp1,05 juta, artinya hampir Rp9 jutaan ya yang tak bisa ditukar," ujar Putri saat diwawancarai tvOne di acara Apa Kabar Indonesia Pagi, Kamis 22 Agustus 2019. 

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Putri pun menceritakan, uang tersebut bukannya tak sengaja ditaruhnya di lemari sehingga terlupakan. Tapi uang itu memang diberikannya dan ditaruh untuk neneknya jika membutuhkan sesuatu.

Menurutnya, ditaruh di lemari karena neneknya tidak mau menerima uang itu. alih-alih diambil, nenek Putri justru menambahkan nominal uang tersebut.

Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus

"Aku taruhnya sebenarnya Rp3 juta, tapi tidak diambil malah ditambah jadi Rp10 juta," ungkapnya. 

Dia pun menceritakan pengalamannya menukar uang rusak itu ke BI. Kata dia, ada kriteria uang rusak yang bisa ditukarkan di BI, tidak melulu berpatokan pada nomor seri yang ada di uang tersebut. 

"Maksimal kerusakannya 33 persen," ungkapnya. 

Agar kejadian ini tak terulang, dia pun menyarankan, jika ingin ditaruh di lemari, sebaiknya uang disimpan dalam brankas. Cara itu agar uang tidak termakan rayap atau terkena karat jika lemari itu besi. 

"(Atau) saran saya disimpan di e-wallet atau di rekening," tuturnya.

Kini, uang rusak tersebut disimpan oleh Putri sebagai kenang-kenangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya