BUMN Butuh 50 Ribu Karyawan Baru Tahun Depan, Ayo Gen Z Kirim Lamaran

Generasi Z
Sumber :
  • Instagram/@cheriecolaa

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, meminta 110 BUMN yang ada di Indonesia meningkatkan jumlah penerimaan pegawai barunya dari tahun-ketahun. Dia menargetkan, penerimaan pegawai baru harus bisa sebanyak 50 ribu orang tahun depan.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Itu di sampaikannya, karena pada pada program perekrutan bersama (PBB) BUMN-BUMN yang dibuka pada Maret tahun ini, yang ditargetkan sebanyak 11 ribu pegawai baru, hanya 3.310 orang yang lolos penerimaan. Padahal, yang melakukan pendaftaraan  mencapai satu juta orang.

"Tentu kita bangga bahwa yang ingin jadi karyawan BUMN banyak sekali. Namun yang saya sedih kita baru bisa input 3.300, saya harap tahun depan bisa mulai rekrut ke 50 ribu," tutur dia di kantornya, Jumat, 23 Agustus 2019.

Pelindo Bantu Warga yang Mau Mudik Lebaran Tapi Terkendala Biaya

Untuk bisa merealisasikan banyaknya penerimaan pegawai tersebut, dia juga meminta 110 perusahaan BUMN itu bisa meningkatkan kapasitas pendapatannya. Caranya, dengan melakukan sinergi yang kuat antar BUMN, sehingga segala proyek yang dilakukan bisa dikerjakan dengan baik dan profesional secara bersama-sama.

"Saya harap PBB ini dapat terus dilakukan di tahun mendatang, saya harap lebih banyak lagi jumlahnya. Maka itu, BUMN-nya harus naik 10 kali lipat, jadi saya ingin tekankan bahwa sinergi penting," tegas dia.

Tebar Kehangatan di Safari Ramadan BUMN 2024, Kementerian BUMN dan Bank Mandiri Gelar Pasar Murah

Selain itu, dia juga mengharapkan, penerimaan yang dilakukan nantinya diperuntukan bagi generasi Z, yakni generasi kelahiran 1995-2010. Itu karena Generasi Z dianggapnya memiliki kapasitas berpikir yang lebih cepat dan kreatif, sebab mereka  lahir bersamaan dengan kuatnya perkembangan teknologi digital.

"Saya titip direksi BUMN perlu optimalkan Generasi Z ini karena kalau kita lihat 10-20 tahun mendatang kompetisinya sangat berbeda dibanding 10 tahun lalu. Kita butuh pemikir Generasi Z untuk lebih unggul ke depan," tegas dia.
 

Pelaku UMKM. (Ilustrasi)

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

PT Pelindo memperoleh penghargaan sebagai BUMN Penyelenggara Bazar Terbaik dalam kategori 'Kreativitas Acara Terbaik' pada kegiatan Bazar UMKM untuk Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024