Empat Wilayah Migas Dilelang, Hanya Blok Ganal yang Diminati

Ilustrasi blok migas.
Sumber :
  • dokumentasi pertamina

VIVA – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arcandra Tahar, mengumumkan hasil lelang wilayah kerja atau blok migas konvensional tahap II tahun 2019. Lelang tersebut terdiri dari empat blok migas yakni West Kampar, Bone, Kutai, dan West Ganal.

ESDM Tetapkan Petronas Pemenang Lelang Blok Migas di Papua Barat, Ada Potensi 6,8 Miliar Barel

"Setelah melalui proses dan tahapan evaluasi, hanya West Ganal yang ada pemenangnya sementara Bone, Kutai, dan West Kampar tidak ada pemenang," kata Arcandra di kantornya kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin 26 Agustus 2019.

Arcandra menjelaskan, dari pemenang lelang blok West Ganal yang berlokasi di lepas pantai selat Makassar itu, pemerintah mendapatkan bonus tanda tangan sebesar US$30,1 juta, dengan total komitmen pasti senilai US$159,3 juta.

5 Blok Migas Belum Laku Dilelang di 2023, ESDM Siapkan Mekanisme Penawaran Langsung

Pemenangnya sendiri merupakan gabungan dari tiga perusahaan, yang tergabung dalam konsorsium Eni Indonesia Limited Pertamina Neptune Energy Ganal.

"Kita mendapatkan angka yang cukup tinggi hanya di satu blok eksplorasi saja, dan ini merupakan prestasi pemerintah," kata Arcandra.

Menang Lelang, Pertamina dengan Mitra Resmi Kelola Blok SK510 di Malaysia

Dia menjabarkan, ketiga konsorsium akan melakukan komitmen pasti eksplorasi, Studi G&G (3 tahun), Seismik 2D 600 Km, 3D 600 Km, dan pemboran empat sumur eksplorasi.

"Signature bonus lebih dari US$30 juta ini adalah capaian tertinggi, meskipun West Ganal sebelumnya enggak dapat pemenang (di lelang tahap 1)," ujarnya.

Pertamina dan Eni teken kerja sama hulu migas di Indonesia dan mancanegara [dok. PT Pertamina (Persero)]

Jajaki Potensi Blok Migas Internasional, Pertamina Gandeng ENI

Direksi PT Pertamina (Persero) bersama Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo melakukan kunjungan kerja ke Belanda guna menghadiri penandatanganan MoU Pertamina dan Eni

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024