Sri Mulyani Dukung Anies Terbitkan Surat Utang Biayai Infrastruktur

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mendukung rencana Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk menerbitkan surat utang demi memenuhi kebutuhan dalam pembangunan infrastruktur. 

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Surat utang atau obligasi daerah tersebut dikatakannya telah dibicarakan Anies dengan dirinya. Dia juga menilai bahwa Pemerintahan DKI Jakarta memiliki kapasitas untuk melakukan penerbitan obligasi daerah tersebut.

"Sudah (dikomunikasikan). Kita lihat beberapa pemda yang memang memiliki kapasitas untuk bisa melakukan issuance atau penerbitan surat berharga daerahnya, kita tentu akan dorong. Ini dikaitkan dengan kebutuhan dari daerah-daerah untuk membangun berbagai infrastruktur," kata Sri Mulyani di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa, 27 Agustus 2019.

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

Selain Jakarta, lanjut Sri, beberapa pemerintah daerah lainnya juga memiliki kapasitas tersebut, misalnya Pemda Jawa Timur yang dikomandoi oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Mereka dianggapnya memiliki anggaran daerah yang sehat.

"Dalam rambu-rambunya, tentu APBD harus sehat, memiliki kapasitas besar, dan DKI memiliki dua kapasitas itu. Kita lihat lagi, Jawa Timur atau Surabaya, kita juga akan lihat lagi yang lain," ujar dia.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Di samping itu, Sri mengatakan bahwa Pemda DKI Jakarta maupun pemda-pemda lainnya tersebut, memiliki berbagai proyek infrastruktur yang memberikan hasil pendapatan tersendiri bagi daerahnya. Untuk itu, penerbitan obligasi daerah memungkinkan dilakukan.

"Juga memang ada proyek-proyek infrastruktur yang bisa menghasilkan pendapatan dan itu juga untuk DKI banyak sekali. Jadi kami sudah berkomunikasi dan mendukung," tutur Sri.

Anies Baswedan menghadiri halal bihalal dan Milad ke-22 PKS

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Anies Baswedan menegaskan dirinya tetap bekerja untuk masyarakat Indonesia meski nanti berada di luar pemerintahan.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024