Jepang Banjir Besar, Dua Warga Tewas Terperangkap di Mobil

Ilustrasi darurat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dua orang dipastikan tewas ketika hujan lebat mengguyur wilayah Jepang bagian barat daya yang memicu peringatan banjir dan tanah longsor. Pemerintah juga memerintahkan kepada lebih dari 600 ribu warga untuk segera mengungsi.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Selain itu, hampir satu juta orang lainnya disarankan untuk meninggalkan rumah mereka dan mengungsi setelah badan cuaca negara itu meningkatkan status kewaspadaan ke tingkat tertinggi untuk bagian Kyushu utara.

"Peringatan darurat dikeluarkan jika ada kemungkinan bencana yang signifikan," demikian pernyataan badan cuaca Jepang, seperti dikutip Channel News Asia, Rabu 28 Agustus 2019.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Pejabat setempat mengonfirmasi dua kematian, satu di Prefektur Saga barat, di mana seorang pria ditemukan di sebuah mobil yang tersapu bah. Sementara itu, seorang pria lainnya meninggal di Fukuoka ketika ia mencoba melarikan diri dari mobil yang terperangkap dalam banjir yang meluap.

"Ada banyak laporan kerusakan di berbagai daerah akibat banjir sungai, tanah longsor dan rumah-rumah yang terendam. Ada kemungkinan kerusakan serius juga terjadi dalam beberapa jam mendatang," kata juru bicara pemerintah, Yoshihide Suga.

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Perintah evakuasi dan imbauan yang dikeluarkan oleh otoritas lokal tidak wajib, meskipun pejabat mendesak warga untuk memperhatikan mereka. Badan penanggulangan kebakaran dan bencana mengatakan telah menerima beberapa laporan rumah yang terendam banjir di Prefektur Saga dan Nagasaki.

Pihak berwenang Jepang secara teratur mengimbau warganya untuk merespons perintah evakuasi dengan serius, terutama setelah hujan lebat musim panas lalu di barat Jepang menewaskan lebih dari 200 orang.

Ilustrasi tanah longsor.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

Enam orang lainnya dilaporkan menderita luka-luka dan sudah dibawa ke rumah sakit. Tragedi longsor itu terjadi Kelurahan Tallang Sura, Buntao, Toraja Utara.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024