Menlu Retno Marsudi Ungkap 4 Manfaat Diplomasi Digital bagi RI

Menlu Retno Marsudi dalam Regional Conference on Digital Diplomacy di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews / Dinia Adrianjara

VIVA – Ketidakmampuan dalam mengikuti kemajuan teknologi, akan membuat kita tertinggal. Begitu pula dengan diplomasi, jika tidak menyesuaikan dengan transformasi yan cepat, maka diplomasi tidak akan relevan lagi, demikian menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. 

RI Bicara Tegas di OKI Minta Tanggung Jawab Bantu Rakyat Afghanistan

"Itu lah sebabnya sekarang ini saatnya kita menyandingkan diplomasi dengan digital," kata Menlu Retno saat membuka kegiatan Regional Conference on Digital Diplomacy (RCDD) di Jakarta, Selasa 10 September 2019.

Retno menyebutkan ada empat manfaat dari diplomasi digital. Pertama, diplomasi digital dapat digunakan untuk menyebar pesan perdamaian. Kedua, sebagai alat untuk menguatkan kerja sama ekonomi. Ketiga, digunakan sebagai alat untuk melindungi warga negara. Keempat, sebagai alat untuk memajukan pembangunan negara.

Menlu Retno Sebut Indonesia Ingin Afghanistan Jadi Negara Damai

Saat ini, Indonesia telah memanfaatkan perkembangan teknologi digital untuk meningkatkan pelayanan dan perlindungan bagi warga negara Indonesia di luar negeri.

"Kementerian Luar Negeri telah memiliki aplikasi Safe Travel dan portal Peduli WNI, yaitu suatu sistem pendataan digital yang terintegrasi untuk diaspora Indonesia," ujar Retno.

Alasan Evakuasi WNI di Afghanistan Pakai Pesawat TNI AU

Melalui kegiatan RCDD, para delegasi dan peserta diharapkan dapat saling belajar, memperkaya pemahaman terkait diplomasi digital, saling bekerja sama dalam menjembatani kesenjangan digital dan membangun langkah bersama dalam menyikapi berbagai tantangan di milenium baru ini.

Forum regional yang digagas Indonesia ini dihadiri oleh lebih dari 200 peserta yang berasal dari 16 negara di kawasan Asia dan Pasifik mencakup 10 negara anggota ASEAN dan enam negara lainnya yaitu Australia, India, jepang, Korea Selatan, China dan Selandia Baru.

Menlu Negeri Retno Marsudi saat menyampaikan sambutan di Kongres Indonesianis

ASPINA Belanda Diluncurkan, Bagaimana Prospeknya bagi Ekonomi RI

Apresiasi disampaikan Menlu Retno dalam acara peluncuran ASPINA Belanda yang berlangsung secara fisik dan daring dari KBRI Den Haag pada Kamis kemarin. Lalu?

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022