Logo ABC

Pekerja Working Holiday Visa Naik 20 Persen, Petani Australia Untung

Sebanyak 43 ribu anak-anak muda pemegang visa liburan kerja tercatat bekerja di pedalaman Australia sepanjang tahun ini.
Sebanyak 43 ribu anak-anak muda pemegang visa liburan kerja tercatat bekerja di pedalaman Australia sepanjang tahun ini.
Sumber :
  • abc

Jumlah pemegang Working Holiday Visa (WHV) yang kini bekerja di wilayah regional Australia mencapai 43.219 orang atau meningkat 20 persen dibanding tahun lalu. Pemerintah sengaja mendesain program ini untuk mengisi kekurangan tenaga kerja sektor pertanian.

Jumlah Pekerja WHV di Australia: 

  • Mereka yang memiliki visa WHV di Australia saat ini sekitar 43 ribu orang, naik 20 persen dari tahun lalu
  • Ada 14 negara baru yang akan diperbolehkan mendapat visa WHV ke Australia
  • Indonesia sudah menjadi pengirim WHV selama beberapa tahun terakhir

Menteri Imigrasi David Coleman hari Rabu (25/9/2019) menyatakan pihaknya berencana menambah 13 negara baru sebagai sumber tenaga kerja untuk WHV, di samping 44 negara yang kini sudah menjalin kerjasama dengan Australia.

Ke-13 negara tersebut meliputi Andorra, Brasil, Kroasia, Fiji, India, Latvia, Lithuania, Meksiko, Monako, Mongolia, Filipina, Kepulauan Solomon dan Swiss.

Indonesia sendiri telah masuk sebagai negara peserta program WHV selama beberapa tahun terakhir.

Australia telah meningkatkan jumlah penerima program WHV dari negara-negara seperti Malaysia, Argentina, Singapura, Spanyol, Israel, Peru dan Chili.