Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi IV Siap Beroperasi Bulan Ini

Jalan tol Pandaan-Malang seksi IV.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Pembangunan fisik atau konstruksi Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi IV (Pakis I-Pakis II) sepanjang 4,75 Km rampung 100 persen sejak September 2019. PT Jasamarga Pandaan Malang atau JPM, kelompok usaha PT Jasa Marga Tbk selaku pengelola jalan tol ini, menargetkan seksi IV beroperasi bulan ini.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Direktur Utama PT JPM Agus Purnomo mengatakan, untuk seksi I sampai dengan III sendiri sudah diberlakukan tarif sejak 9 Agustus 2019. "Saat ini untuk seksi IV sudah selesai konstruksi 100 persen," ujar Agus dikutip dalam keterangan resmi Jasa Marga, Jumat 4 Oktober 2019. 

Dia melanjutkan, baru-baru ini jalan tol seksi IV telah selesai melewati tahap uji laik jalan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Uji laik ini, lanjut dia, dilakukan untuk memastikan keamanan jalan terpenuhi. 

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Uji laik antara lain mencakup guard rail (pagar pengaman jalan), marka, rambu, penerangan jalan umum (PJU) hingga konstruksi secara keseluruhan.

"Jalan Tol Pandaan-Malang seksi IV (Pakis I-Pakis II) sudah dinyatakan lulus uji laik. Kami harapkan dalam waktu dekat, SK (Surat Keputusan) operasi dan tarifnya segera keluar agar dapat digunakan oleh masyarakat di bulan ini," jelasnya. 

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

Sementara itu, Komisaris Utama Jasa Marga Sapto Amal Damandari juga turut menargetkan PT JPM melakukan percepatan pembangunan konstruksi Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi V (Pakis-Malang) sepanjang 3,11 Km yang progress-nya telah mencapai 76,04 persen pada akhir September 2019.

“Untuk Seksi V diharapkan dapat beroperasi fungsional untuk mendukung arus mudik dan balik pada libur Natal dan Tahun Baru tahun ini. Mudah-mudahan, jalan tol ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat di Jawa Timur yang selama ini membutuhkan mobilisasi orang maupun jasa yang lebih cepat antara Kota Surabaya dan Malang,” jelas Sapto.

Untuk diketahui, jalan tol Pandaan-Malang memiliki total panjang 38,488 km. Pembangunannya dibagi dalam lima seksi. Tiga seksi sudah diresmikan Presiden pada 13 Mei 2019. 

Ketiga seksi itu adalah seksi I (Pandaan-Purwodadi) sepanjang 15,475 km, seksi II (Purwodadi-Lawang) 8,05 km, dan seksi III (Lawang-Singosari) 7,10 km. Sementara itu, seksi IV (Pakis 1-Pakis 2) sepanjang 4,75 Km dan seksi V (Pakis-Malang) sepanjang 3,11 Km masih dalam tahap penyelesaian.

Walaupun bukan termasuk bagian Tol Trans Jawa, Jalan Tol Pandaan-Malang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh antara Surabaya dan Malang yang sebelumnya 4-5 jam menjadi 1-1,5 jam. Selain itu, Jalan Tol Pandaan-Malang dapat menjadi jalur bagi warga Surabaya yang ingin berlibur ke daerah Malang Raya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya