Jokowi Ungkap Seberapa Pentingnya Belanda bagi Ekonomi Indonesia

Presiden Joko Widodo dan PM Belanda Mark Rutte di Istana Bogor, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa Belanda kini merupakan mitra yang strategis untuk turut mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Menurut Jokowi yang juga mantan Gubernur DKI Jakarta ini, Belanda termasuk mitra dagang kedua terbesar Indonesia di antara negara-negara Eropa.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Di antara negara-negara Eropa, Belanda adalah mitra perdagangan nomor dua terbesar," ujar Jokowi, dikutip dari unggahan di akun Instagram resminya, @jokowi, pada Senin, 7 Oktober 2019.

Jokowi menyampaikan, ia menyambut kedatangan Mark Rutte, Perdana Menteri Belanda. Jokowi dan Rutte telah menggelar pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin siang.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

"Perdana Menteri Belanda Mark Rutte datang ke Istana Kepresidenan Bogor siang tadi dengan mengenakan kemeja batik berwarna coklat," ujar Jokowi.

Jokowi juga mengemukakan, selain mitra dagang kedua terbesar, Belanda juga mitra Indonesia di bidang investasi, juga pariwisata. Di antara negara-negara Eropa, Belanda adalah mitra investasi nomor satu, dan negara keempat yang paling banyak mendatangkan wisatawan ke Indonesia.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

"Belanda mendatangkan wisatawan nomor empat terbesar dari Eropa," ujar Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. Jokowi menerima PM Belanda itu di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Kali ini, Presiden Jokowi tidak menggunakan pakaian jas berdasi seperti ketika menerima kunjungan kenegaraan lainnya. Tetapi, kali ini menggunakan batik. Bahkan, Rutte juga terlihat mengenakan batik bermotif warna coklat. (ren)

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya