Facebook Hapus Akun Bodong di Mesir, Nigeria, UEA dan Indonesia

Facebook.
Sumber :
  • Livemint

VIVA – Facebook menyatakan telah menghapus banyak akun tak jelas atau bodong yang melakukan perilaku tidak autentik dan terkoordinasi pada platform Facebook dan Instagram. 

Akun Instagram Sandra Dewi Mendadak Hilang, Mau Hapus Jejak?

Dilansir dari CNBC pada Rabu 9 Oktober 2019, dijelaskan Facebook menghapus beberapa halaman, group, dan akun yang terlibat dalam perilaku tidak otentik yang terkoordinasi di Facebook dan Instagram. 

Kepala Kebijakan Keamanan Siber Facebook, Nathaniel Gleicher mengatakan, pihaknya menemukan tiga kasus yang beroperasi terpisah. Satu di antaranya dari Uni Emirat Arab, Mesir, dan Nigeria. Lalu, dua lagi dari Indonesia dan Mesir.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

"Perilaku tidak autentik yang terkoordinasi didefinisikan oleh Facebook sebagai sekelompok orang bekerja bersama untuk menyesatkan orang lain tentang berita seseorang," jelasnya.  

Adapun perusahaan-perusahaan yang diduga Facebook memiliki tautan ke kegiatan-kegiatan itu termasuk Charles Communications di UAE, MintReach di Nigeria, dan Flexell Mesir dalam kasus pertama. 

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Selain itu, Facebook juga mengatakan InsightID di Indonesia dan El Fagr di Mesir masing-masing diduga memiliki tautan untuk kasus kedua lainnya.

"Gleicher mengatakan langkah untuk menghapus halaman, grup, dan akun didasarkan pada perilaku mereka dan bukan konten baik yang diposting," ujarnya.

Ia menuturkan, dalam setiap kasus ini, orang-orang di balik kegiatan ini berkoordinasi satu sama lain dan menggunakan akun palsu untuk menggambarkan diri mereka sendiri. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya