Nenek Sihir Penggoyang Politik Irlandia Utara

VIVAnews - Kepolisian Irlandia Utara mengumumkan mereka sedang menginvestigasi skandal keuangan yang melibatkan istri pemimpin Partai Serikat Demokratik (DUP) Peter Robinson, Iris Robinson. Penyelidikan polisi ini mempertajam krisis politik di Irlandia Utara, terutama dalam tubuh DUP.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Bahkan, masalah itu bisa mengganggu kemitraan antara DUP dengan partai Katolik Sinn Fein. Kedua gerakan itu selama ini berjuang memelihara perdamaian di Irlandia Utara.

Peter Robinson sendiri telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Utama (pejabat setingkat gubernur) di wilayah otonomi khusus Britania Raya itu.

Skandal bermula saat Iris mengaku berselingkuh dengan seorang pria yang jauh lebih muda bernama Kirk McCambley. Iris, 60 tahun, disangka memberi bantuan keuangan secara tidak wajar kepada McCambley yang masih berusia 19 tahun itu.

Laman Financial Times memberitakan bahwa Iris dituduh tidak melaporkan pinjaman dari dua pengembang kepada Dewan Irlandia Utara dan Parlemen Inggris. Iris diduga memberikan dana pinjaman sebesar puluhan ribu poundsterling untuk membantu McCambley membuka usaha restoran.

Sebelum merebaknya skandal perselingkuhan dan keuangan tersebut, perempuan kelahiran di Belfast ini memiliki kehidupan dan karir politik yang cemerlang. Iris dan Peter Robinson yang ia nikahi pada 1970 silam merupakan pasangan suami istri pertama yang mewakili Irlandia Utara di Parlemen Inggris.

Pada 1989, ibu dua putra dan satu putri ini terpilih sebagai anggota Dewan Castlereagh Borough dari DUP. Empat tahun kemudian, Iris menjadi perempuan pertama yang memimpin Castlereagh Borough.

Iris memasuki Dewan Irlandia Utara pada 1998 dan menjadi perwakilan Strangford di Parlemen Inggris pada 2001. Akhir tahun lalu, Iris mengumumkan pengunduran dirinya dari politik karena mengalami tekanan mental. "Kesehatan saya terganggu akibat tekanan dari menjadi figur publik" kata dia seperti dikutip laman stasiun televisi BBC.

Iris sendiri dikenal sebagai politisi Protestan yang konservatif dan penentang praktik homoseksual. Kelompok gay menjuluki mantan sekretaris pribadi ini sebagai 'Nenek Sihir dari Utara' karena Iris pernah menyatakan bahwa homoseksualitas sangat menjijikkan.

Sikapnya ini memicu kemarahan di kalangan gay. Iris juga dimusuhi Partai Buruh dan kelompok penegak hak asasi manusia Amnesty International. Pada 2008, kelompok homoseksual menyampaikan petisi berisi 16 ribu tanda tangan kepada Perdana Menteri Gordon Brown. Mereka meminta Gordon mencopot Iris.

Iris, jemaat Gereja Tabernakel Metropolitan di Belfast, membela diri dengan menyatakan bahwa dia tidak mengimbau agar masyarakat memusuhi kaum homoseksual. Menurut Iris, dia hanya meminta masyarakat menjauhi perilaku homoseksual.

Sementara itu, Robinson mengungkapkan bahwa istrinya kini tengah menjalani perawatan psikiater karena mengalami tekanan batin. Robinson pun memilih mundur dari gelanggang politik untuk menyelamatkan rumah tangganya. Untuk sementara, dia digantikan Menteri Perdagangan dan Investasi, Arlene Foster.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Thailand Prime Minister Srettha Thavisin welcomed an extraordinary visitor at his offices, an enormous white buffalo named Ko Muang Phet.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024