Jonan: Energi RI Belum Merata, 1.000 Kecamatan Tak Punya SPBU 

Menteri ESDM Ignasius Jonan sidak mudik Lebaran di SPBU KM 726 tol Trans Jawa.
Sumber :
  • Instagram @Ignasius.jonan

VIVA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan mengaku hingga saat ini, salah satu pekerjaan rumah bagi pemerintah dalam hal pemerataan distribusi energi, adalah belum tersedianya stasiun pengisian bahan bakar umum atau SPBU resmi di seribu kecamatan di Indonesia.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Karenanya, Jonan memastikan bahwa pemerintah akan terus menggenjot pembangunan 330 SPBU hingga 2024 mendatang, khususnya di wilayah 3T, yakni daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar.

"Jadi sampai 2024, pemerintah memang punya komitmen membangun 330 SPBU lagi di wilayah-wilayah 3T itu," kata Jonan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 14 Oktober 2019.

Bareskrim Bongkar Sindikat BBM Pertamax Palsu, Manajer hingga Pengelola SPBU jadi Tersangka

Jumlah 170 SPBU yang dibangun oleh pemerintah hingga saat ini, jika ditambahkan dengan jumlah yang masih terus dikejar pembangunannya hingga 2024 mendatang, totalnya dipastikan akan mencapai angka 500 SPBU baru.

Jumlah ini pun diakui Jonan, masih akan terus ditambah, karena menurut data pihaknya masih ada sekitar seribu kecamatan di Indonesia yang hingga saat ini belum memiliki SPBU resmi. (asp)

Polisi Amankan 5 Orang terkait Kasus Bensin Dioplos Air di SPBU Bekasi

"Sudah selesai 170 SPBU sampai minggu lalu. Kita mau coba lagi bangun 330 jadi total 500. Karena masih ada seribu kecamatan di Indonesia, dari 7.500 kecamatan, itu tidak punya SPBU resmi," kata Jonan.

"Seribu kecamatan belum ada SPBU. Di sini kita senang-senang aja, pakai AC, komentar ini, komentar itu. Karena kan kalau komentar memang lebih gampang, modal air segelas," ujarnya.

PJ Wali Kota Pontianak Ani Sofian (bertopi) saat memantau pelaksanaan Sidak ke sejumlah SPBU di Pontianak, Kamis 28 Maret 2024. Pemkot menemukan masih ada SPBU yang takarannya belum sesuai. (Adpim Pemkot Pontianak)

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Tim Pengawas Kemetrologian menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke SPBU.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024