32 Investor Tertarik Bangun Pabrik Gula

VIVAnews - Pemerintah mencatat, hingga saat ini, telah ada 32 calon investor yang menyatakan berminat untuk membangun pabrik gula baru, termasuk delapan produsen gula rafinasi yang ada sekarang. Saat ini Indonesia memiliki 51 pabrik gula di mana 41 pabrik di antaranya dimiliki BUMN, dan sisanya swasta.

"Mereka membutuhkan lahan minimal 300 ribu hektar," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat saat membuka Seminar Revitalisasi Industri Gula di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin, 25 Januari 2010.

Untuk memenuhi permintaan investor, Menteri Kehutanan mengalokasikan 500 ribu hektar eks lahan terlantar untuk lahan tebu pabrik-pabrik baru tersebut. Rencananya segera diteken MoU penyerahan lahan antara empat menteri, yakni Menteri Kehutanan, Menteri Pertanian, Menteri Perindustrian, dan Menteri Negara BUMN.

Hidayat menjelaskan, lokasi lahan tersebar di Lampung, Sumatra Selatan, Jambi, dan Sulawesi. "Pembangunan pabrik gula baru ini sejalan dengan arahan Presiden SBY yang meminta Indonesia bisa swasembada gula pada 2014," ujarnya.

Kebutuhan gula pada 2014, diprediksi mencapai 5,7 juta ton, yang terdiri dari 2,96 juta ton gula untuk konsumsi langsung dan 2,74 juta ton gula untuk kebutuhan industri makanan dan minuman.

Sementara, produksi tahun 2009 masih berkisar 2,6 juta ton dengan kebutuhan nasional yang sebanyak 4,85 juta ton.

Karena itu, impor gula masih cukup tinggi dan menempatkan Indonesia sebagai importir gula terbesar ketiga di dunia setelah Rusia dan India.

Penambahan 500 hektar lahan tebu tersebut setara dengan penambahan kapasitas giling pabrik gula sebanyak 163 ribu ton cane per hari (TCD). Produksi ini setara dengan pembangunan 11 buah pabrik gula baru masing-masing berkapasitas 15 ribu TCD atau 16 pabrik gula. Keenam belas pabrik gula tersebut berkapasitas 10 ribu TCD atau 20 pabrik gula dengan kapasitas 8 ribu TCD.

hadi.suprapto@vivanews.com

Riset: Isu Keberagaman, Kesetaraan dan Inklusivitas Masih Jadi Tantangan Perusahaan di Indonesia
Elkan Baggott saat Ipswich TownIn vs Wolves di Piala Liga Inggris

Reaksi Elkan Baggott Usai Ipswich Town Promosi ke Premier League

Elkan Baggott berpeluang tampil di Premier League musim 2024 usai klubnya pswich Town promosi ke kasta teratas sepakbola Inggris.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024