Pertemuan Diam-diam Sri Mulyani, Jokowi dan Pratikno Jelang Pelantikan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati santer disebut tetap masuk jajaran menteri periode kedua kabinet Presiden Joko Widodo. Jokowi akan dilantik pada 20 Oktober 2019, bersama Wakil Presiden terpilih 2019-2024 KH Ma'ruf Amin. Pengumuman menteri, diakui Jokowi, akan dilakukan paling cepat usai pelantikan yang dihelat Minggu siang.

Sosialisasi Pajak Bareng Sri Mulyani, Ganjar Minta Warga Jangan Takut

Sejumlah yang bakal mengisi pos-pos kementerian mulai beredar, termasuk jatah untuk dua partai yang sebelumnya beroposisi, Demokrat dan Gerindra. Pimpinan dua partai bertemu Jokowi di Istana Merdeka pada 10-11 Oktober lalu.

Namun dari kalangan profesional, nama Sri Mulyani tetap disebut akan bertahan di kabinet 2019-2024. Beberapa susunan kabinet yang beredar, menyebut mantan Direktur Bank Dunia itu akan menjadi menko perekonomian. Beberapa lagi menyebut tetap di posisi menteri keuangan.

Soal Banjir Rob, Bupati Demak Curhat ke Sri Mulyani Minta Bantuan

Selasa siang 15 Oktober 2019, Sri Mulyani menghadap Jokowi. Tidak diketahui pasti, jam berapa dia masuk. Begitu keluar, Sri yang biasanya memberi keterangan pers terkait apa saja yang ia bicarakan dengan presiden, justru menghindar.

Dia tidak langsung pulang memasuki kendaraan dinasnya yang sudah siap di pintu belakang Istana Negara. Tetapi ia berbelok, menuju ke kantor Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sri Mulyani Akui 20 Tahun Desentralisasi Fiskal Banyak PR, Apa Saja?

"Aku sama Pak Mensesneg. Saya lapor saja, lapor yang kemarin. Lapor tekstil," katanya bergegas jalan, didampingi seorang asistennya.

Sempat disinggung soal apakah ia akan dipilih lagi menjadi menteri. Tetapi dibantahnya. Di Gedung Sekretaris Negara, sejumlah wartawan masih menunggu sekitar 30 menit lamanya.

Namun ternyata ia keluar dari gedung melalui pintu belakang, dan langsung naik ke mobil. Ia hanya melambaikan tangan, saat dikejar untuk diwawancarai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya