Jadi Menkeu Terbaik Dunia, Sri Mulyani Layak Dipertahankan Jokowi

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Pada Selasa siang 15 Oktober 2019 kemarin, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sempat terlihat menghadap Presiden Joko Widodo. Namun belum diketahui pasti apa saja yang dibahas pada pertemuan tersebut.

Sosialisasi Pajak Bareng Sri Mulyani, Ganjar Minta Warga Jangan Takut

Sejumlah pihak menilai Sri akan kembali masuk jajaran menteri periode kedua kabinet Presiden Jokowi, Prestasi Sri Mulyani dalam mengelola keuangan negara dengan baik di tengah kondisi ekonomi global yang tidak menentu, membuatnya layak untuk dipertahankan. Bahkan, Sri dianggap pantas menempati posisi Menteri Koordinator Perekonomian.

"Kualitas Sri Mulyani sudah ditunjukkan ketika beliau menjadi Menkeu dengan kemampuan menjaga defisit APBN di bawah dua persen PDB. Oleh sebab itu, dirinya harus dipertahankan, bahkan sangat pantas jadi Menko Perekonomian," kata Direktur Suropati Syndicate, M Shujari di Jakarta, Rabu 16 Oktober 2019.

Soal Banjir Rob, Bupati Demak Curhat ke Sri Mulyani Minta Bantuan

Dalam kapasitas sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani memang tidak perlu diragukan. Meski tidak termasuk jajaran menteri perdana di kabinet Jokowi-Jusuf Kalla, karena Sri Mulyani menjadi menteri keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro pada 27 Juli 2016, namun sepak terjang dalam mengelola keuangan negara diakui internasional.

Pada 2018 lalu, Sri Mulyani juga mendapatkan penghargaan sebagai Menteri Keuangan terbaik di dunia. Maka dari itu, kemampuan Sri Mulyani dalam mengatur ekonomi negara tak perlu diragukan lagi.

Sri Mulyani Akui 20 Tahun Desentralisasi Fiskal Banyak PR, Apa Saja?

"Hal itu menjadi bukti bahwa pengelolaan ekonomi Indonesia dalam jalur yang tepat dan efektif. Artinya, dari sisi visi, Sri Mulyani punya kapasitas untuk mengelola ekonomi makro fiskal dengan baik dan efektif. Dengan menjadi Menko Perekonomian, maka dirinya akan menjadi komandan yang sangat berpengalaman dan tahu kondisi ekonomi Indonesia," ujarnya.

Hal lain yang ada pada diri Sri Mulyani jika dipercaya sebagai Menko Perekonomian tak lain pada kemampuan manajerial dan juga visi ke depan dalam mengamati pasar serta dunia usaha. 

Banyak kalangan pelaku pasar berharap kabinet baru pemerintahan Joko Widodo di periode kedua bisa lebih baik, terutama menjaga iklim dunia usaha yang lebih kondusif.

"Sosok Sri Mulyani yang punya track record bagus dan integritas tinggi cocok sebagai koordinator kementerian-kementerian strategis di bidang ekonomi yang penting dalam mendukung dunia usaha. Terutama bagaimana menjaga agar regulasi-regulasi di dunia usaha tidak saling tumpang tindih dan menjadi hambatan," ujar Shujari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya