Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin Dalam Sorotan Media Asing

Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Pelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode tahun 2019-2024 tak hanya dihadiri sejumlah pemimpin negara, tapi juga menjadi pemberitaan utama di berbagai media internasional.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Media asal Jepang, Japan Times, menyoroti pengamanan super ketat di mana sejumlah helikopter dan ribuan pasukan berjaga-jaga di ibukota, beberapa hari setelah dua teroris berusaha membunuh Menkopolhukam Wiranto.

"Para kepala negara asing, anggota parlemen, dan rival politik menyaksikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin membaca sumpah, untuk memulai masa jabatan lima tahun memimpin negara dengan mayoritas penduduk Muslim terbesar di dunia," tulis Japan Times.

Polisi Bekuk Pria Diduga Biayai Upaya Penggagalan Pelantikan Presiden

Media Singapura, Straits Times, dalam paragraf pembuka salah satu artikelnya mengutip unggahan Presiden Joko Widodo yang mengunggah foto profil baru di Facebook dengan caption 'Mari kita bekerja sama menuju kemajuan untuk Indonesia.'

"Unggahan itu telah mengumpulkan lebih dari 224.000 likes dan lebih dari 19.000 komentar dari simpatisan yang mengucapkan selamat kepadanya atas terpilihnya kembali dan mendukungnya untuk mengarahkan negara menuju kesuksesan," tulis Straits Times.

Video Prajurit Terlatih TNI di Balik Pengamanan Presiden

NYTimes yang berbasis di Amerika Serikat, mengutip pidato pengukuhan Joko Widodo di parlemen, di mana ia mempresentasikan program pro-bisnis untuk memperkuat industri, membangun infrastruktur dan mengurangi peraturan dan birokrasi.

"Dia tidak mengatakan apa-apa tentang isu kritis yang muncul sejak kemenangan pemilihannya pada bulan April, termasuk hukum untuk melemahkan perang melawan korupsi dan undang-undang yang melarang seks di luar nikah dan membatasi kebebasan berekspresi," tulis NY Times.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Menteri Basuki Sebut Presiden Baru Akan Dilantik di IKN

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkap rencana upacara HUT RI dan pelantikan Presiden baru di IKN

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024