Logo ABC

Papua Nugini Mulai Ekspor Produk Pertanian ke RI Akhir Tahun

Papua Nugini akhirnya mewujudkan rencananya yang sudah lama untuk mengekspor produk pertaniannya ke Indonesia.
Papua Nugini akhirnya mewujudkan rencananya yang sudah lama untuk mengekspor produk pertaniannya ke Indonesia.
Sumber :
  • abc

Departemen Pertanian Papua Nugini mengatakan kepada ABC bahwa rencana untuk membuka pangsa pasar pertanian dari negaranya ke sejumlah negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, akan segera terwujud.

Menurut penjelasan Daniek Kombuk, sekretaris dari Departemen Pertanian Papua Nugini, Indonesia akan secara langsung membawa sejumlah produk pertanian dari negaranya.

"Penerbangan perdana dari Mount Hagen ke Jakarta dijadwalkan pada bulan Desember tahun ini," katanya saat diwawancara Hilda Wayne dari ABC.

Sejumlah produk yang akan diekspor ke Indonesia adalah pisang jenis Cavendish, brokoli, jahe, kopi, kakao yang sudah dikeringkan, hingga ikan tuna.

Seorang warga Papua Nugini yang sudah bertani selama 20 tahun telah mengkonfirmasi soal penerbangan perdana yang akan tiba di daerah asalnya, yakni Mount Hagen, kota terbesar ketiga di Papua Nugini.

Ia juga mengaku jika petani lain di kawasan tersebut sudah menantikan agar rencana ini menjadi sebuah kenyataan.

"Sekarang populasi Papua Nugini telah meningkat dan kami alami kesulitan ekonomi, jadi kemitraan baru dengan Indonesia ini akan membantu sebuah hubungan baru," ujar Christopher Tep.