Suharso Manoarfa Dipercayai Jokowi Buat Peta Jalan Pembangunan Ekonomi

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Manoarfa
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA – Plt Ketua Umum PPP, Suharso Manoarfa, turut dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana Negara, hari ini. Suharso mengungkapkan dirinya dipercaya oleh Jokowi untuk membantu Indonesia keluar dari tingkat pendapatan menengah ke bawah. 

Disebut Menteri Terbaik Hasil Lembaga Survei, Prabowo: Itu Jadi Beban

Suharso juga menekankan soal Pidato Presiden Jokowi saat dilantik di MPR, bahwa kalimat pertama yang diucapkannya adalah mengenai negara keluar middle income trap atau jebakan pendapatan kelas menengah ke bawah. Menurutnya, Indonesia saat ini memang masih berupaya keluar dari jebakan tersebut.

"Bagaimana Indonesia bisa lepas dari tingkat pendapatan menengah yang rendah ini," kata dia di Istana Negara, Selasa 22 Oktober 2019. 

Setelah Jokowi Marah Besar

Suharso bahkan mengaku diminta khusus oleh Jokowi untuk membuat peta jalan pembangunan ekonomi dan mempresentasikannya dalam sidang kabinet perdana.

"Presiden meminta saya untuk menyiapkan roadmap, dalam Sidkab perdana dan untuk menjelaskan kepada kabinet mengenai hal itu," kata dia.

Kerap Disebut 'Menteri Segala Urusan', Ini Kata Luhut

Selebihnya, lanjut dia, pembicaraan dengan Presiden Jokowi di istana hari ini lebih kepada perbincangan ekonomi secara umum. "Keadaan ekonomi global, dan tentang ketenagakerjaan, industri ristek inovasi dan banyak hal," tuturnya.

Meskipun sudah mengisyaratkan dirinya ditunjuk sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso mengatakan, Presiden secara resmi akan mengumumkannya besok.

"Besok akan dijelaskan, di perekonomian. Dalam hal bagaimana menyusun perencanaan," kata. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya