Pernah Jadi Bos Tiga TV, Wishnutama Kini Mengemban Menteri Pariwisata

Wishnutama Kusubandio, pendiri sekaligus CEO NET TV
Sumber :
  • Fikri Halim

VIVA – Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 23 Oktober 2019. Dari seluruh nama yang diumumkan ada beberapa tokoh muda yang sering tampil di dunia televisi.

Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini

Dia adalah Wishnutama salah satu pendiri dan Komisaris Utama NET Mediatama Televisi yang dipercaya Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Wishnutama lahir di Jayapura pada 4 Mei 1970 dan saat ini telah berusia 49 tahun. Ia telah memiliki empat orang anak.  

Kata Jokowi soal Sri Mulyani Hingga Risma Dipanggil MK: Jumat Hadir

Selain mendirikan NET TV, Wishnu sebelumnya juga pernah tercatat sebagai Direktur Utama di Trans TV (2001-2012 dan Trans 7 (2006-2008). Ia juga pernah bekerja di Indosiar pada 1995-2001.

Wishnu pernah menempuh pendidikan di beberapa sekolah di luar negeri, yaitu Kooralbyn International School Queensland Australia dan International School Singapore.

Istana: MK Tak Perlu Izin Jokowi untuk Panggil Menteri Sri Mulyani Hingga Risma

Sedangkan untuk bangku kuliah, Wishnu mengenyam pendidikan di Norwich University–The Military College of Vermont, Navy ROTC AS, Mount Ida College jurusan Liberal Arts, Boston, dan Emerson College, jurusan Communication, Boston, Amerika Serikat.

Selama aktif di dunia pertelevisian, Wishnu pernah mendapatkan penghargaan secara nasional maupun di Asia. Antara lain Asian Television Award dan Panasonic Awards. 

Ia juga pernah terpilih menjadi The Best CEO in Indonesia 2010 pilihan majalah SWA dan Indonesia Marketing Champion 2015 for the Broadcast, TV Pay dan Media sector pilihan MarkPlus. 

Dan yang sama-sama kita ketahui belakangan ini, pada 2018, Wishnu dipercaya Presiden Joko Widodo untuk menjadi Creative Director (Sutradara Kreatif) Opening and Closing Ceremony Asian Games 2018. 

Saat itu, hasil yang dicapai oleh Wishnutama membuat decak kagum dunia dan hasil itulah yang akhirnya membuat Presiden Joko Widodo kepincut pada kinerjanya dan mengangkatnya menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya