Edhy Prabowo Jadi Menteri Kelautan, Ini Sosok Politikus Gerindra

Edhy Prabowo (kanan) saat bersama Prabowo Subianto beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah menunjuk Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Susi Pudjiastuti pada hari ini, Rabu 23 Oktober 2019.

Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini

Edhy lahir di  Muara Enim, Sumatra Selatan, 24 Desember 1972, dan saat ini umurnya 46 tahun. Ia adalah politikus dari Partai Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra.

Edhy merupakan atlet Pencak Silat Nasional. Selain pernah berjaya di event Pekan Olahraga Nasional (PON), ia pernah mengikuti kejuaraan tingkat mancanegara.

Kata Jokowi soal Sri Mulyani Hingga Risma Dipanggil MK: Jumat Hadir

Jejak karier Edhy dimulai pada 1991. Kala itu, dia berhasil diterima menjadi anggota Akabri di Magelang, Jawa Tengah. Sayang, kariernya di militer hanya bertahan dua tahun. Edhy dikeluarkan, karena terkena sanksi dari kesatuan.

Setelah itu, ia merantau ke Jakarta, dan diperkenalkan dengan Prabowo Subianto yang kala itu masih berpangkat Letkol dan menjabat Dangrup III TNI AD. Edhy pun diperkenalkan kepada Prabowo di salah satu acara pesta di bilangan Pantai Ancol.

Istana: MK Tak Perlu Izin Jokowi untuk Panggil Menteri Sri Mulyani Hingga Risma

Prabowo akhirnya menerima Edhy dan teman-temannya. Edhy dibiayai Prabowo mengenyam ilmu pendidikan Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo. Selain itu, Edhy juga diminta untuk belajar silat setiap akhir pekan di Batujajar, Bandung.

Seiring waktu berjalan, Edhy akhirnya menjadi orang kepercayaan Prabowo. Dia menjadi orang yang mendampingi jenderal bintang tiga tersebut saat berdomisili di Jerman dan Yordania. Kala itu, Prabowo tengah merintis usaha di negeri tersebut.

Setelah Prabowo mendirikan Partai Gerindra, Edhy akhirnya memberanikan diri menjadi calon legislatif di kampung halamannya, yakni Dapil Sumatra Selatan II. Edhy pun berhasil menjadi caleg kelima yang memperoleh suara terbanyak.

Edhy Prabowo terpilih kembali menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019, dari Partai Gerindra untuk Dapil Sumatra Selatan I, setelah memperoleh 75.186 suara. Pada periode 2009-2014, Edhy bertugas di Komisi VI DPR-RI, yang membidangi perdagangan, perindustrian, koperasi, dan BUMN.

Di 2014-2019, Edhy bertugas menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPR-RI, yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan, dan pangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya