Kisah Sukses Kemiren Asri Jual Jamur Krispi hingga ke Hong Kong

Ketua Pengurus Koperasi Asri Mandiri, Rumdani Prapti Sumiwi
Sumber :
  • Dok. Pertamina

VIVA – Kelompok Kampung Ekonomi Kreatif (Kemiren Asri) berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui beragam program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Berawal dari Dropship, Gamer Ini Punya Rental Mobil dan Beberapa Vila Miliaran di Bali

Program Binaan Pertamina Refinery Unit IV Cilacap ini bahkan berhasil mengirimkan makanan hasil produksi rumahan mereka hingga ke Hong Kong dan Malaysia.

Masyarakat Desa Kemiren Asri, yang berada di Kelurahan Tegalkamulyan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah mengembangkan usaha makanan produksi rumahan dengan bahan dasar jamur.

Dari Kurir Paket Kini Jadi Influencer, Pria Ini Sukses Bisnis Laundry dan Jasa Pembuatan Website

Awalnya bantuan Pertamina untuk membantu mengatasi permasalahan gizi buruk di kabupaten itu pada tahun 2017. Pertamina memberikan bantuan budidaya jamur yang hasilnya digunakan untuk bahan dasar olahan pemberian makanan tambahan setiap bulannya.

Dalam perjalanan panjang itu muncul semangat masyarakat yang ingin mandiri dan sejahtera. Ketua Pengurus Koperasi Asri Mandiri, Rumdani Prapti Sumiwi mengatakan, kelompoknya memiliki koperasi sebagai bagian dari penggerakan ekonomi masyarakat.

Anak Muda Ini Dulu Kuli, Sekarang Sukses Jadi Pengusaha Digital

“Di tengah teknologi yang terus maju, kami mencoba memaksimalkan kreativitas untuk membuat produk yang dapat dinikmati masyarakat melalui beragam olahan budidaya yang dikelola, seperti olahan jamur,” kata Rumdani, seperti dikutip dari siaran pers Pertamina, Jumat 25 Oktober 2019.

Rumdani mengatakan, produk yang dihasilkan dari kelompok tersebut memuaskan. Bahkan berkat jaringan pertemanan yang dia miliki, produk jamur krispi hasil olahan ibu-ibu Kelompok Kemiren Asri berhasil dijual hingga ke Hong Kong dan Malaysia.

“Dengan memanfaatkan koneksi yang dimiliki kita mencoba memasarkan produk kita secara online ke kota-kota besar di Indonesia, sudah hampir seluruh Indonesia. Dan saat ini pun produk kami sudah berhasil kami jual ke Hong Kong dan Malaysia,” ujarnya. 

Tercatat, hingga saat ini Kemiren Asri dapat memberikan dampak positif pada peningkatan ekonomi. Rata-rata setiap kelompok kegiatan Kemiren Asri dapat menghasilkan omzet sekitar Rp7 juta per bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya