Pemulangan TKI Lewat Jalur Umum

VIVAnews - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar bersepakat dengan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan untuk menutup Gedung Pendataan Kepulangan (GPK) TKI atau Terminal 4 di Selapajang.

Kepulangan TKI dari luar negeri sedang diujicobakan melalui terminal umum di Bandara Soekarno Hatta.

"Namun, kami masih harus melakukan sosialisasi pemulangan TKI melalui jalur penumpang umum dengan Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai pengelola Bandara Soekarno Hatta," kata Muhaimin dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews di Jakarta, Senin malam, 25 Januari 2010.
 
Selain itu, dia menambahkan, harus ada sosialisasi yang rutin bekerja sama dengan Kementerian Huhum dan HAM untuk urusan keimigrasian, khususnya mengisi kartu embarkasi bagi TKI.
 
Muhaimin menuturkan, pada awal Februari mendatang akan dipersiapkan semua komponen yang diperlukan untuk mendukung uji coba penggunaan terminal penumpang umum di Bandara Soekarno Hatta bagi TKI dari luar negeri.
 
"Uji coba tahap awal akan diperuntukkan bagi TKI yang kembali dari bekerja di Hongkong dan Taiwan, karena mereka kami nilai paling siap untuk mandiri kembali ke daerah asal setelah bekerja di luar negeri," katanya.
 
Untuk mengatur pemulangan TKI melalui jalur umum, Muhaimin mengaku akan segera mengeluarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenakertrans) pendukung.
 
"Untuk pemulangan TKI melalui Terminal 4 saja berdasarkan keputusan menteri yang dilakukan oleh BNP2TKI [badan nasonal penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia], maka mudah sekali jika harus ada payung hukum, akan saya buat," kata dia.

antique.putra@vivanews.com

PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok, Ahmad Syaikhu: Kinerjanya Bagus
ODGJ Ngamuk di Cengkareng, Mau Tikam Kakaknya

ODGJ Ngamuk di Cengkareng Mau Tikam Kakanya Sendiri, Ternyata Kabur dari Dinsos

Seorang pria berinisial A yang merupakan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, mengamuk hingga nyaris menikam keluarganya sendiri. Untung

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024